(Foto: bolalob)

Gaji Pemain Futsal Liga Pro Kecil, Randy Satria: Masa Kalah Sama Pemain Tarkam

Sebagai salah satu pemain futsal yang masih aktif di tanah air, kapten IPC Pelindo II Jakarta, Randy Satria, menyoroti beberapa masalah yang ada terkait karir dan kesejahteraan pemain di klub profesional.

Pemain asal Sumbar yang baru terpilih sebagai ketua Asosiasi Pemain Futsal Indonesia ini menyebut masih banyak pemain-pemain futsal di klub pro yang gajinya tidak sesuai standar.

"Ada banyak masalah yang saya dengar salah satunya gajinya di bawah standar. Gak cocok lah untuk seorang pemain di klub profesional. Masa lebih besar pemain di tarkam (antar kampung) dari pemain liga," ungkap pemain yang akrab dipanggil akank ini.



Menurutnya, kompetisi futsal di Indonesia dikemas dengan sudah cukup bagus dari penyajian dan format. Untuk itu masalah-masalah non teknis seperti gaji pemain harus segera dibereskan.
"Harusnya ada standar dalam masalah gaji ini. Mereka jarang pulang berbulan-bulan jauh dari keluarga dan harusnya mendapat gaji yang layak," tandasnya.

Menurut Akank, standarisasi gaji pemain tersebut bakal menjadi salah satu agenda Asosiasi Pemain Futsal untuk membantu kesejahteraan para pemain.
editTerakhir diubah:  03/06/18 - 22:17

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Pemain Cedera, Klub Tidak Boleh Lari Dari Tanggung Jawab
Terbentuknya Asosiasi Pemain Futsal Indonesia membuka harapan banyak pihak agar kesejahteraan pemain nantinya bisa terbantu. Salah satunya adalah penanganan cedera pada pemain.Eks pemain timnas futsal Indonesia, Ricardo Polnaya, menyambut positif hadirnya Asosiasi Pemain Futsal Indonesia ini. Menurut Ado, salah satu hal yang harus dibantu untuk para pemain di klub liga pro adalah penanganan cedera.[suggestedarticle=3]"Jadi enggak bisa sembarangan lagi klub rekrut pemain dan pelatih. Banyak contoh udah cedera dibiarin aja. Miris Juga, kita profesional harus menghargai pemain. Biar ada wadahnya dari masalah pemain ini," ungkap Ado kepada Bolalob."Biasanya kalau udah cedera suka tahu-tahu dibuang gitu aja. Kasian mereka punya anak istri. Apalagi lagi bagus-bagusnya cedera. Ini yang kita takutin," ujarnya.Eks pelatih Pertamina dan Kaimana ini berharap kedepannya penanganan cedera klub kepada para pemain bisa lebih profesional.
  872 kali
Masalah Ini Jadi Perhatian Khusus Asosiasi Pemain Futsal Indonesia
Asosiasi Pemain Futsal Indonesia telah resmi dibentuk dan akan menjalankan agendanya setelah kepengurusan telah terbentuk. Kapten timnas futsal dan IPC Pelindo, Randy Satria, menjadi ketua di organisasi ini.Randy akan dibantu oleh empat legenda futsal Indonesia yaitu Sayan Karmadi, Vennard Hutabarat, Andri Irawan dan Robby Hartono sebagai pembina. Melihat dari pengalaman yang ada, Vennard Hutabarat mengatakan ada beberapa hal yang biasanya terjadi dan jadi sorotan dari hubungan antara pemain dan klub profesional."Mungkina biasanya masalah gaji dan kontrak. Pemutusan kontrak, cedera, sakit dan lain-lain yang tidak diberi perhatian oleh klub," ungkap Veve kepada Bolalob. Masalah-masalah yang biasa ditemui ini akhirnya jadi menguap tanpa solusi sebelumnya.[suggestedarticle=3]"Masalah seperti ini sama seperti di sepakbola. Mungkin memang jarang disoroti media karena ini cuma futsal. Kalau di sepakbola ada APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) yang menyuarakan. Sekarang di futsal ada kami," ujar Veve.Meski begitu, asosiasi ini dibuat bukan untuk menakuti klub-klub futsal. Komunikasi yang baik antara klub, pemain dan Asosiasi diharapkan Veve agar nantinya terjalin kerjasama yang baik."Artinya nanti pemain bisa bekerja dengan nyaman dan mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Klub bisa bertanggung jawab atas apa yang diberikan kepada pemain. Jadi ada take and give," pungkas Veve.
  1105 kali
Pro Futsal League 2018 Usai, Masih Ada Tim yang Menunggak Gaji Pemain
Meski sudah satu bulan berlalu, ternyata Pro Futsal League 2018 masih menyelesaikan beberapa masalah, salah satunya adalah tertunggaknya gaji pemain.Hal ii dituturkan oleh Vennard Hutabarat, salah satu penggagas Asosiasi Pemain dan Pelatih Futsal Indonesia. Menurut Vennard, pengaduan tersebut yang membuatnya dan beberapa pelatih lain membentuk asosiasi ini."Ide ini kita ciptakan dari beberapa kejadian dari temen-temen yang kebetulan mengalami permasalahan di klub. Ada pemain yang tidak dibayar tiga bulan, ada masalah tidak dikasih biaya penyembuhan cedera dan lain-lain," ungkap Veve kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]Menurut Veve, sebelum dibentuknya Asosiasi ini sudah ada beberapa pemain yang secara personal menceritakan masalah tertunggaknya gaji pemain ini."Ada beberapa yang sudah ngomong. Tetapi belum kami cek lagi berapa banyak dan berapa gaji yang tertunggak. Setelah terbentuk baru nanti kami akan kroscek," ujar eks kapten timnas futsal Indonesia ini.Veve berharap klub-klub tidak takut akan kehadiran asosiasi ini dan bekerjasama agar terciptanya hubungan yang baik antar pemain dan manajemen.
  1425 kali
Kapten Timnas Futsal Berharap Durasi Pemain di Klub Pro Minimal 1 Tahun
Kapten timnas futsal Indonesia saat ini, Randy Satria, ingin klub dan para pemain di Pro Futsal League nantinya bisa lebih profesional.Selain standarisasi Gaji, pemain yang juga kapten IPC Pelindo II jakarta ini berharap tidak ada lagi kontrak jangka pendek untuk pemain dan berdurasi hanya sepanjang liga saja demi menjunjung profesionalitas dan kesejahteraan sang pemain.[suggestedarticle=3]"Durasi kontrak ya jangan enam bulan. Minimal setahun. Liga kita kelasnyasudah bagus dan pemain serta klub harus profesional," ungkap Randy yang juga menjabat ketua Asosiasi Pemain Futsal Indonesia.Randy berharap nantinya para pemain bisa berkomunikasi dengan organisasi yang baru dipegangnya ini jika mendapat kesulitan atau masalah. "Kalau ada masalah dengan klub, jangan ragu-ragu buat komunikasi," ucapnya."Untuk klub memang layaknya harus mementingkan kesejahteraan pemain. Kami berharap bisa juga membantu klub untuk masalah pemain ini," pungkasnya.
  647 kali
Asosiasi Pelatih Futsal Berharap Bisa Jadi Jembatan Solusi Pelatih dan Klub
Pelatih Jaya Kencana Angels Tangerang Selatan, Ahmad Syaibani, terpilih menjadi ketua dari organisasi baru yaitu Asosiasi Pelatih Futsal Indonesia.Dengan adanya Asosiasi ini, Bani berharap semua masalah pelatih profesional bisa terbantu dan mendapatkan solusi. "Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik karena memang selama liga berjalan belum ada sosialisasi seperti ini. Jadi keluhan-keluhan pelatih yang mungkin mentok gitu aja enggak ditindak lanjuti," ujar Bani.Yang terpenting, Asosiasi Pelatih Futsal berharap bisa diterima dengan baik dan bekerjasama dengan Federasi Futsal Indonesia untuk membuat pelatih futsal bisa berkomunikasi dengan baik dengan klub.[suggestedarticle=3]"Kalau kami berharap bisa ikut aturan main dari federasi. Kita akan ikuti," lanjutnya. Bani ingin para pelatih bisa berkarir dengan tenang tanpa takut masalah non teknis."Jadi para pelatih dan pemain bisa tenang dengan adanya asosiasi ini. Visi misi saya membuat pelatih tenang bekerja. Mereka kontrak dengan tim profesional, tenang bekerja dan enggak memikirkan hal-hal yang konflik nantinya," tandasnya.Dalam beberapa minggu ke depan struktur kepengurusan Asosiasi Pengurus Futsal sudah terbentuk dan siap bekerja.
  458 kali
Indonesia Ciptakan Sejarah di AFF Futsal Club Championship
IPC Pelindo II Jakarta secara resmi diakui oleh Asosiasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF-Asean Football Federation) sebagai juara perdana AFF Futsal Club Championship atau dikenal di AFF dengan nama AFF Invitational Futsal Club Championship yang diadakan pada 2014 silam.Pengakuan ini membuat Indonesia menciptakan sejarah di AFF Futsal Club Championship. Indonesia menjadi tim pertama yang wakilnya meraih gelar juara, baik di kategori putra dan putri.Jika di kategori putra, IPC menjadi juara di edisi 2014. Di kategori putri, Jaya Kencana Angels menjadi juara di AFF Futsal Club Championship 2016.[suggestedarticle=3]Di kategori putra sendiri baru ada 2 tim yang menjadi juara, yaitu IPC di 2014, kemudian Thai Port Thailand yang meraih tiga gelar juara secara beruntun, di 2015, 2016, dan 2017.Sama halnya dengan kategori putra, di kategori putri pun baru 2 tim yang menjadi juara, yaitu Thai Son Nam Vietnam di 2014 dan 2015, dan Jaya Kencana Angels di 2016. Sementara di edisi 2017 tidak diadakan.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Artinya, di kategori putra baru ada 2 negara yang menjadi juara, yaitu Thaiand dan Indonesia. Di kategori putri pun sama baru 2 negara yang wakilnya menjadi juara, yaitu Vietnam dan Indonesia.Indonesia pun menjadi satu-satunya negara yang wakilnya menjadi juara, di kategori putra dan putri.
  3058 kali
Jadi Ketua Asosiasi Pemain Futsal Indonesia, Ini Harapan Kapten IPC Pelindo
Silahturahmi Mantan serta pemain timnas futsal aktif yang digelar Rabu (30/5) di Tifosi Sport Center, Jakarta Timur juga dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan pembentukan asosiasi pemain dan pelatih futsal Indonesia.Dalam pertemuan yang dihadiri 44 eks dan pemain timnas futsal Indonesia aktif, terpilih kapten timnas futsal di Piala AFF 2017 lalu, Randy Satria, sebagai ketua. Selain Randy, Andriansyah Agustin, pemain senior asal Bandung terpilih menjadi wakil ketua. Struktur kepengurusan selanjutnya akan dibentuk dalam beberapa minggu ke depan.Akank, panggilan akrabnya, berharap banyak asosiasi yang bakal dijalaninya ini menjadi jembatan serta membantu klub dan pemain dalam soal administrasi, kontrak dan lain-lain.[suggestedarticle=3]"Mudah-mudahan dengan adanya ini bisa lebih jelas dari kontrak pemain dan persiapan klubnya makin jelas," ungkap Akank. Asosiasi Pemain Futsal ini akan diisi oleh pemain-pemain yang masih aktif membela klub liga pro."Kami ingin menjadi istilahnya payung lah untuk para pemain agar mereka bisa terlindungi dan terjaga kesejahteraannya dengan baik," lanjutnya"Dua minggu ke depan kita buat struktural, nanti bakal kumpul lagi dan agendanya ke mana baru jelas," ujar pemain asal Sumatera Barat ini.Selain Asosiasi Pemain Futsal, Asosiasi Pelatih juga terbentuk dengan Ahmad Syaibani sebagai ketuanya.
  642 kali
Ini Harapan Dibentuknya Asosiasi Pelatih dan Pemain Futsal Indonesia
Silahturahmi Mantan serta pemain timnas futsal aktif yang digelar Rabu (30/5) di Tifosi Sport Center, Jakarta Timur juga dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan pembentukan asosiasi pemain dan pelatih futsal Indonesia.Mantan pemain timnas futsal yang saat ini menjadi pelatih, Ahmad Syaibani, terpilih menjadi ketua Asosiasi Pelatih Futsal Indonesia. Bani mendapatkan suara mayoritas dari 44 mantan serta pemain timnas futsal aktif dalam pertemuan tersebut.[suggestedarticle=3]Bani pun mengungkapkan harapan dari acara silaturahmi tersebut. Termasuk dengan dibentuknya Asosiasi pelatih dan pemain futsal Indonesia."Harapan saya dan harapan semua teman-teman tidak lain, tidak bukan hanya untuk agar Futsal Indonesia semakin maju dan semakin baik lagi di timnasnya bahkan di liganya juga," ungkapnya kepada Bolalob.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Kesejahteraan bagi para pelatih dan pemain sehingga para pelatih dan para pemain nyaman dan tenang melakukan kewajibannya sebagai pelatih dan pemain," lanjutnya."Pasti nanti Insha Allah akan terwujud kualitas pertandingan demi pertandingan di liga dan event timnasnya," pungkasnya.
  379 kali
Ahmad Syaibani Pimpin Asosiasi Pelatih Futsal Indonesia
Silahturahmi Mantan serta pemain timnas futsal aktif yang digelar Rabu (30/5) di Tifosi Sport Center, Jakarta Timur juga dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan pembentukan asosiasi pemain dan pelatih futsal Indonesia.Mantan pemain timnas futsal yang saat ini menjadi pelatih, Ahmad Syaibani, terpilih menjadi ketua Asosiasi Pelatih Futsal Indonesia. Bani mendapatkan suara mayoritas dari 44 mantan serta pemain timnas futsal aktif dalam pertemuan tersebut.[suggestedarticle=3]Bani yang pernah menjadi top scorer Liga Futsal Indonesia selama dua tahun belakangan aktif memimpin tim Jaya Kencana Angels Tangerang Selatan. Sebelumnya Bani juga pernah menangani tim futsal Biangbola."Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik karena selama liga berjalan belum ada yang seperti ini. Keluhan-keluhan pelatih cuma mentok di situ aja tanpa ditindak lanjuti," ungkap Bani.Bani juga berharap Asosiasi ini bukan hanya diterima para pelatih, namun juga klub futsal dan Federasi Futsal Indonesia. "Kami berharap para pelatih bisa tenang bekerja tanpa ada konflik di dalamnya," ujar Bani.Bani akan dibantu oleh wakil ketua Ricardo Polnaya. Kepengurusan akan dibentuk dalam beberapa minggu mendatang.
  369 kali
Kapten Timnas Futsal Ini Terpilih Sebagai Ketua Asosiasi Pemain Futsal Indonesia
Silahturahmi Mantan serta pemain timnas futsal aktif yang digelar Rabu (30/5) di Tifosi Sport Center, Jakarta Timur juga dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan pembentukan asosiasi pemain dan pelatih futsal Indonesia.Dalam pertemuan yang dihadiri 44 eks dan pemain timnas futsal Indonesia aktif, terpilih kapten timnas futsal di Piala AFF 2017 lalu, Randy Satria, sebagai ketua. Randy membela timnas futsal Indonesia sejak 2013 lalu hingga sekarang.[suggestedarticle=3]Randy juga menjadi kapten IPC Pelindo II Jakarta di Pro Futsal League 2018 ini. Terplilih sebagai ketua Asosiasi, Akank, panggilan akrabnya, ingin agar Asosiasi ini bisa membantu pemain untuk lebih profesional."Secara garis besar memang saya belum tahu apa saja yang harus kami lakukan. Tapi kami siap membantu para pemain untuk lebih profesional, terutama masalah kontrak. Mudah-mudahan dengan adanya ini bisa jadi lebih jelad dan lebih profesional," ungkap Akank.Selain Akang, Andriansyah Agustin, pemain senior asal Bandung terpilih menjadi wakil ketua. Struktur kepengurusan selanjutnya akan dibentuk dalam beberapa minggu ke depan.
  496 kali
1527750601659 tag