(Foto: Ilustrasi Marko Simic. Foto: Liga Indonesia)

Soal Sriwijaya Lawan Klub Malaysia, PSSI Kena Denda

Komisi Disiplin AFC menggelar sidang kode etik pada 31 Mei hingga 1 Juni 2018. Dari sidang itu, muncul sejumlah keputusan, termasuk soal sanksi untuk Persija Jakarta dan PSSI.

Persija dinilai melakukan lima jenis pelanggaran, berkaitan dengan pertandingan Piala AFC 2018. Satu pelanggaran terjadi pada laga melawan Johor Darul Ta'zim pada 10 April 2018 dan empat pelanggaran pada laga melawan Home United 15 Mei 2018.



Untuk pelanggaran ketika melawan JDT, Persija dihukum denda 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta, karena suporter melemparkan kertas ke lapangan saat laga berlangsung.

Pada laga melawan Home United, Persija didenda karena ada dua pelanggaran yang dilakukan klub dan dua pelanggaran dilakukan individu, yaitu Daryono dan Ivan Carlos.

Daryono dinilai melakukan pelanggaran serius yang membuatnya diganjar kartu merah karena memprotes ofisial keempat. Atas tindakan itu, Daryono diganjar sanksi larangan bertanding selama enam bulan, atau mulai 4 Juni 2018 hingga Desember 2018. Daryono juga didenda 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta.

Untuk Ivan Carlos, ia dihukum karena memprotes wasit dan ofisial keempat di lorong menuju kamar ganti. Carlos dihukum larangan tampil enam pertandingan dan denda 5.000 dollar AS.

Pelanggaran yang dibebankan kepada Persija sebagai klub adalah intimidasi yang dilakukan pemain kepada ofisial keempat dan tindakan Marko Simic menunjukkan pesan pribadi pada shinguards pada saat melakukan selebrasi. Untuk dua pelanggaran itu, Persija didenda 5.000 dan 2.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta dan Rp 27 juta.

Sementara itu, PSSI didenda 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14 juta karena tidak menyerahkan formulir laporan berkaitan dengan pertandingan persahabatan antara Sriwijaya FC dan Flecra pada 15 Maret 2018, mengacu pada Pasal 13 peraturan AFC. Formulir itu seharusnya diserahkan 48 jam sebelum pertandingan.

PSSI diminta menyelesaikan kewajiban denda dalam waktu 30 hari sejak keputusan dikeluarkan.

"Asosiasi Sepak Bola Indonesia diinformasikan bahwa pelanggaran berulang terhadap ketentuan ini akan diberikan hukuman lebih berat," demikian pernyataan AFC.
Denda untuk Persija Jakarta Selengkapnya  

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Alfredo Vera Klaim Pemain Persebaya Fit Hadapi Persija di Jakarta
Usai libur Idul Fitri, skuat Persebaya Surabaya langsung mempersiapkan diri menghadapi pertandingan Liga 1 2018 terdekat, melawan Persija Jakarta, Selasa (2/6/2018). Semua pemain sudah bergabung mulai berlatih sejak Selasa (19/6).Setelah menghadapi Persija di Stadion PTIK Jakarta, Persebaya secara marathon menyiapkan tenaga untuk meladeni PSBI Blitar dalam ajang Piala Indonesia 2018, Minggu (1/7/2018).Para pemain Green Force memang diberi waktu libur selepas pertandingan kontra PSM Makassar, 9 Juni lalu. Mereka mendapatkan jatah libur Lebaran sekitar dua pekan.[suggestedarticle=3]Kini skuat Persbaya sudah kembali berlatih. Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera pun puas dengan kondisi para pemainnya selepas liburan. Alfredo mengklaim jika seluruh penggawa Persebaya dalam kondisi fit. Artinya, mereka disiplin menjalankan program latihan mandiri selama libur Lebaran."Semua pemain baik, semuanya oke. Kami sudah dua hari latihan dan semuanya bagus," ungkap Alfredo, pelatih asal Argentina ini kepada awak media di Lapangan Polda Jawa Timur (Jatim), Rabu (20/6) sore."Kami memang memberikan program latihan kepada mereka. Terlihat kondisi fisik mereka hingga saat ini masih oke," tambah Alfredo."Kami tak punya waktu banya untuk persiapan melawan Persija di Jakarta dan Blitar di Piala Indonesia," sambung Alfredo.
Persija Resmi Hadapi Persebaya dan Persib di Stadion PTIK
Persija Jakarta akan menggunakan Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat menjamu Persebaya Surabaya (26 Juni) dan Persib Bandung (30 Juni).Kepastian ini diungkapkan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator melalui dua surat yang langsung ditandatangani CEO PT LIB Risha Adi Widjaya.Untuk laga melawan Persebaya, PT LIB menyampaikan surat yang bernomor 205/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Sedangkan untuk laga Persib disampaikan LIB melalui surat bernomor 206/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Rencananya kedua laga tersebut akan diselenggarakan di waktu yang sama yakni pukul 18.30 WIB.“Agar klub Persija Jakarta sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Risha.Sebelumnya duel Persija menghadapi Persebaya seharusnya digelar pada 3 Juni lalu. Partai tersebut terpaksa dibatalkan dua jam sebelum kick off karena tidak kondusifnya kondisi di luar stadion akibat masalah keamanan.Sementara laga Persija vs Persib awalnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 28 April. Tapi pihak Kepolisian tidak memberikan izin karena saat ini fokus ke pengamanan Hari Buruh tanggal 1 Mei.
  201 kali
Yakin Persib Menang atas Persija di Jakarta, Umuh Muchtar Siapkan Bonus Besar
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar optimistis timnya bisa mengalahkan Persija Jakarta.Laga tunda pekan keenam Liga 1 2018 antara Persija dan Persib rencananya akan digelar di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6).Meski pertandingan nanti akan digelar di markas Persija, Umuh tetap yakin Persib bisa menang.”Persib menang 2-0 lha karena tim sedang bagus juga. Asal pemain lengkap (full team), Insya Allah (menang),” kata Umuh saat dihubungi wartawan.[suggestedarticle=3]Jika bisa mengalahkan Persija, Umuh sudah menyiapkan bonus besar untuk Bojan Malisic dkk.Namun, manajer yang karib disapa Pak Haji tersebut enggan memberi tahu nominal bonus yang disiapkannya.[pagebreak]Jika Menang atas Persija, Pemain Persib Diguyur Bonus Besar[/pagebreak]”Iya lha, kalau (menang) lawan Persija pasti saya kasih bonus luar biasa. Kemarin saja dari PT (Persib Bandung Bermartabat) luar biasa,” ujar Umuh.”Soal nominal enggak usah disebutkan, yang penting anak-anak senang,” pungkasnya.
  178 kali
DIARY: Skuat Timnas Untuk Asian Games Segera Diumumkan, Korea Jajal Persija Jakarta di Laga Tertutup
Laga uji coba melawan Korea Selatan menjadi penilaian pelatih Luis Milla untuk menentukan skuat final saat hadapi Asian Games 2018.Luis Milla Segera Tentukan Skuat Final Timnas Indonesia U-23Korea Selatan U-23 berhasil mengalahkan Persija Jakarta pada laga uji coba di Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (21/6/2018). Korea Selatan Kalahkan Persija 3-1 di Stadion PTIKPelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri membuka pintu kepada semua pemain muda untuk bisa membela skuat Garuda Nusantara.Timnas U-19 Panggil Bakat Baru Mutiara HitamKondisi fisik pemain Timnas Indonesia U-23 tetap bagus meski baru saja jalani libur Hari Raya Idulfitri.Usai Libur Lebaran, Kondisi Fisik Pemain Timnas U-23 Menggembirakan
  252 kali
Laga Kontra Persija Dipaksakan di PTIK, Manajer Persib Curiga Ada Kongkalikong
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar curiga jika pertandingan tunda pekan keenam melawan Persija Jakarta, Sabtu (30/6) disusupi pihak-pihak tak bertanggung jawab.Umuh mengaku heran kenapa Persija memaksakan untuk menjamu Persib di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Menurut Umuh, Stadion PTIK tidak layak menggelar laga akbar seperti Persija melawan Persib.”PT Liga Indonesia Baru (LIB) bagaimana keputusannya? Kalau diizinkan (di PTIK) mungkin ada kongkalikong. Tapi, silakan saja. Mungkin mereka (Persija) sudah tidak diterima di mana-mana, ya sudah tidak masalah,” kata Umuh melalui sambungan telepon kepada Bolalob, Kamis (21/6).[suggestedarticle=3]Umuh menjelaskan, jika pada akhirnya PT LIB memutuskan Persija melawan Persib digelar di PTIK, pihaknya akan menuruti.Namun, pria yang karib disapa Pak Haji tersebut khawatir jika PT LIB menyetujui keinginan Persija banyak klub lain yang minta laga kandangnya digelar di tempat yang tidak layak jika mengalami kondisi serupa dengan tim ibu kota.”Kami mungkin akan tetap ajukan protes karena itu hak kami. Saya meminta hal seperti ini jangan dicontoh oleh yang lain,” ujarnya.[pagebreak]Persija Kesulitan Cari Stadion karena Kepentingan Asian Games[/pagebreak]Keputusan Persija mengajukan Stadion PTIK sebagai venue laga melawan Persib dikarenakan beberapa stadion di sekitar Jabodetabek seperti Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Patriot (Bekasi), dan Stadion Pakansari (Bogor) tidak bisa digunakan karena kepentingan Asian Games.Selain melawan Persib, klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut akan memakai Stadion PTIK saat menjamu Persebaya Surabaya, Selasa (26/6).
  1806 kali
Kroasia Menang 3-0, Argentina Terancam Tersingkir
Kroasia meraih kemenangan 3-0 atas Argentina, pada pertandingan Grup D Piala Dunia, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB. Ini adalah kekalahan terbesar pertama Argentina sejak kalah 1-6 dari Cekoslowakia, pada 1958. Dengan hasil itu, Kroasia menguasai klasemen dengan nilai enam dari dua laga atau unggul lima poin dari pesaing terdekat, Islandia yang baru bermain satu kali.Argentina ada di peringkat ketiga dengan nilai satu dari dua laga. Posisi keempat dihuni Nigeria yang memiliki nilai nol dan menyisakan dua pertandingan. [suggestedarticle=2]Gol pertama Kroasia diciptakan Ante Rebic pada menit ke-53. Gol berawal dari sebuah umpan panjang ke arah Rebic. Seorang pemain Argentina yang mengawal Rebic lebih dulu menjangkau bola dan mengumpankannya ke Caballero.Caballero bereaksi dengan menendang bola. Namun, bola hasil tendangan Caballero masih masuk dalam jangkauan Rebic. Rebic menyambut bola dengan tendangan voli dan bola pun meluncur masuk gawang Argentina.Pada menit ke-80, Kroasia mendapatkan gol kedua dari Luka Modric. Gol Modric merupakan buah tembakan dari luar kotak penalti. Ivan Rakitic mengubah angka di papan skor menjadi 0-3 pada menit ke-90+1. Sepanjang pertandingan, Argentina melepaskan tiga tembakan jitu dari sepuluh percobaan, dengan penguasaan bola 58 persen. Adapun Kroasia melepaskan lima tembakan akurat dari 15 usaha.Argentina (3-4-3): Wilfredo Caballero; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado; Marcos Acuna, Enzo Perez, Javier Mascherano, Eduardo Salvio; Maximiliano Meza, Kun Aguero, Lionel MessiPelatih: Jorge SampaoliKroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Ivan Strinic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ivan Perisic (Mateo Kovacic 82), Luka Modric (Vedran Corluka 90), Ante Rebic; Mario MandzukicPelatih: Zlatko DalicWasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)[pagebreak]Video Highlights Argentina 0-3 Kroasia[/pagebreak]
  7844 kali
Menit Ke-80, Luka Modric Tambah Masalah Argentina
Luka Modric mencetak gol yang membawa Kroasia unggul 2-0 atas Argentina, pada menit ke-80 pertandingan kedua Grup D Piala Dunia, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB. Gol Modric merupakan buah tembakan dari luar kotak penalti. Jika kedudukan tidak berubah hingga akhir, Kroasia akan menguasai klasemen dengan nilai enam. Posisi kedua akan dihuni Islandia dengan nilai satu, sama dengan Argentina di peringkat ketiga. Posisi terakhir Grup D dihuni Nigeria dengan nilai nol. Argentina dan Kroasia sudah melakoni dua pertandingan, sementara Nigeria dan Islandia satu pertandingan.
  558 kali
Rekor Gol Cristiano Ronaldo Kalah dari 5 Perempuan Ini
Cristiano Ronaldo mencetak gol yang menentukan kemenangan Portugal 1-0 atas Maroko, pada laga kedua Grup B Piala Dunia, di Luzhniki, Moskwa, Rabu (20/6/2018). Dengan gol itu, Ronaldo menjadi pencetak gol internasional terbanyak dibanding pemain Eropa lain (85 gol).Rekor itu berlaku untuk pesepak bola pria asal Eropa. Secara umum, rekor pencetak gol terbanyak yang dibukukan pemain Eropa dibukukan oleh seorang perempuan, yaitu Birgit Prinz yang mencetak 128 gol untuk tim nasional Jerman.Selain Birgit Prinz, ada empat pemain perempuan asal Eropa yang membukukan lebih dari seratus gol pada level internasional, yaitu pemain Skotlandia Julie Fleeting (116 gol), pemain Italia Patrizia Panico (110 gol), pemain Italia Elisabetta Vignotto (107 gol), dan pemain Italia Carolina Morace (105 gol).[suggestedarticle=2]Bagi Ronaldo, dengan gol ke gawang Maroko itu, ia telah mencetak empat gol dalam dua laga perdana Portugal di Piala Dunia 2018. Gol-gol itu tercipta dari tembakan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan.Ronaldo pun menjadi pemain Portugal pertama setelah Jose Torres pada 1966 yang mencetak gol dengan kaki kanan, kaki kiri, dan kepala dalam satu edisi Piala Dunia.
  450 kali
Piala Dunia 2018: Susunan Pemain Argentina Vs Kroasia
Argentina dan Kroasia akan melakoni pertandingan kedua Grup D, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB. Hasil selain menang bisa membuat Argentina terancam tersingkir, mengingat dua tim lain di Grup D, Islandia dan Nigeria, baru akan melakoni laga kedua pada Jumat (22/6/2018) pukul 22:00 WIB.Berikut ini adalah susunan pemain Argentina vs Kroasia:Argentina (3-4-3): Wilfredo Caballero; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado; Marcos Acuna, Enzo Perez, Javier Mascherano, Eduardo Salvio; Maximiliano Meza, Kun Aguero, Lionel MessiPelatih: Jorge SampaoliKroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Ivan Strinic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ivan Perisic, Luka Modric, Ante Rebic; Mario MandzukicPelatih: Zlatko DalicWasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)[pagebreak]Takatik Bola[/pagebreak] Anda jago pengetahuan Sepakbola Dunia? Ikut yuk kuis ini berisi tebak-tebakan pertandingan Pesta Bola di Rusia. Dengan menebak pemenang dan menebak siapa yang bermain, kamu bisa bawa pulang Hadiah utama Motor Honda Vixion setelah Pesta Bola Selesai! Ayo Uji Naluri Kamu di Takatik Bola dan mainkan Takatik Bola dengan klik gambar dibawah ini!
  519 kali
Bukan soal Nyali, Ini yang Bikin Persib Keberatan Main di PTIK
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar membantah pihaknya ketakutan untuk bertandang ke ibu kota menghadapi Persija Jakarta.Laga tunda pekan keenam tersebut rencananya akan digelar di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6).Namun, Umuh keberatan dengan rencana Persija tersebut. Ia beralasan, Stadion PTIK tidak layak menggelar laga akbar Persija melawan Persib.Tak ayal, sikap manajer yang karib disapa Pak Haji itu mendapat kritik dari sebagian pendukung Persija. Mereka menilai Persib tidak punya nyali untuk bertanding melawan Persija di Jakarta.[suggestedarticle=3]”Kalau main di PTIK itu bagaimana ya? Meski pun markas kepolisian, tapi tempatnya hanya bisa menampung sekira tiga ribu penonton,” kata Umuh melalui sambungan telepon kepada Bolalob, Kamis (21/6).”Lalu suporter banyak (berkerumun) di luar stadion dan bisa saja mengancam keselamatan tim kami.””Jadi, saya tegaskan kami ini bukan nyalinya ciut, tapi ini untuk keselamatan pemain,” ujarnya.[pagebreak]Persija Minta Persib Tidak Khawatir soal Keselamatan Ofisial dan Pemain[/pagebreak]Sementara itu, Direktur Persija Gede Widiade meminta Persib tidak khawatir soal keamanan ofisial serta para pemainnya. Gede berjanji akan menjamu Persib dengan baik dan terhormat.”Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan menyambut tamu dengan cara terhormat,” kata Gede.
  2092 kali
1529598601551 tag