(Foto: Ilustrasi Marko Simic. Foto: Liga Indonesia)

Soal Sriwijaya Lawan Klub Malaysia, PSSI Kena Denda

Komisi Disiplin AFC menggelar sidang kode etik pada 31 Mei hingga 1 Juni 2018. Dari sidang itu, muncul sejumlah keputusan, termasuk soal sanksi untuk Persija Jakarta dan PSSI.

Persija dinilai melakukan lima jenis pelanggaran, berkaitan dengan pertandingan Piala AFC 2018. Satu pelanggaran terjadi pada laga melawan Johor Darul Ta'zim pada 10 April 2018 dan empat pelanggaran pada laga melawan Home United 15 Mei 2018.



Untuk pelanggaran ketika melawan JDT, Persija dihukum denda 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta, karena suporter melemparkan kertas ke lapangan saat laga berlangsung.

Pada laga melawan Home United, Persija didenda karena ada dua pelanggaran yang dilakukan klub dan dua pelanggaran dilakukan individu, yaitu Daryono dan Ivan Carlos.

Daryono dinilai melakukan pelanggaran serius yang membuatnya diganjar kartu merah karena memprotes ofisial keempat. Atas tindakan itu, Daryono diganjar sanksi larangan bertanding selama enam bulan, atau mulai 4 Juni 2018 hingga Desember 2018. Daryono juga didenda 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta.

Untuk Ivan Carlos, ia dihukum karena memprotes wasit dan ofisial keempat di lorong menuju kamar ganti. Carlos dihukum larangan tampil enam pertandingan dan denda 5.000 dollar AS.

Pelanggaran yang dibebankan kepada Persija sebagai klub adalah intimidasi yang dilakukan pemain kepada ofisial keempat dan tindakan Marko Simic menunjukkan pesan pribadi pada shinguards pada saat melakukan selebrasi. Untuk dua pelanggaran itu, Persija didenda 5.000 dan 2.000 dollar AS atau sekitar Rp 69 juta dan Rp 27 juta.

Sementara itu, PSSI didenda 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14 juta karena tidak menyerahkan formulir laporan berkaitan dengan pertandingan persahabatan antara Sriwijaya FC dan Flecra pada 15 Maret 2018, mengacu pada Pasal 13 peraturan AFC. Formulir itu seharusnya diserahkan 48 jam sebelum pertandingan.

PSSI diminta menyelesaikan kewajiban denda dalam waktu 30 hari sejak keputusan dikeluarkan.

"Asosiasi Sepak Bola Indonesia diinformasikan bahwa pelanggaran berulang terhadap ketentuan ini akan diberikan hukuman lebih berat," demikian pernyataan AFC.
Denda untuk Persija Jakarta Selengkapnya  

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Demi 3 Laga Tunda Liga 1, Persija Tak Tertarik Beruji Coba dengan Korsel
Timnas U-23 Korea Selatan (Korsel) memilih datang ke Indonesia jauh-jauh hari sebelum Asian Games dimulai.Keputusan tersebut diambil Korsel karena mereka ingin beradaptasi dengan kondisi lapangan.Demi hasil maksimal, salah satu negara unggulan di Asian Games nanti itu merencanakan dua laga uji coba.Selain menghadapi Timnas U-23 Indonesia yang jadwalnya sudah dipastikan, yaitu Sabtu (23/6), Korsel juga ingin menjajal kemampuan klub papan atas Liga 1 2018.[suggestedarticle=3]Dua klub yang bermukim di Jakarta, Bhayangkara FC serta Persija kabarnya masuk daftar lawan uji coba Korsel.Namun, kedua tim tersebut menolak beruji coba dengan Korsel. Persija misalnya. Mereka memilih fokus menghadapi tiga partai tunda di kompetisi Liga 1 melawan Persebaya Surabaya (26/6), Persib Bandung (30/6), dan Perseru Serui (3/7).[pagebreak]Persija Fokus Lakoni Laga Liga 1 Ketimbang Uji Coba dengan Korsel[/pagebreak]”Sepertinya tidak ya (uji coba dengan Korsel). Lagi pula mau main dimana melawan Korea Selatan?,” kata Direktur Persija, Gede Widiade dikutip Bolalob dari Bolasport.com.”Kami fokus menghadapi Persebaya, Persib, dan Perseru karena itu lebih penting dan tanggung jawab kami kepada The Jakmania,” ujar Gede menambahkan.
Rusia Tatap Fase Gugur, Mesir Berharap kepada Arab Saudi
Rusia meraih kemenangan 3-1 atas Mesir, pada pertandingan kedua Grup A Piala Dunia, di St Petersburg, Selasa (19/6/2018). Gol Mesir merupakan hasil eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit ke-73, sementara gol Rusia dicetak oleh Ahmed Fathi (47, bunuh diri), Denis Cheryshev (59'), dan Artem Dzyuba (62').Sepanjang pertandingan, Rusia melepaskan tiga tembakan akurat dari sebelas usaha, dengan penguasaan bola 47 persen. Adapun Mesir melepaskan satu tembakan jitu dari 13 percobaan.Dengan hasil itu, Rusia menguasai klasemen dengan nilai enam dari dua laga, sementara Mesir ada di dasar klasemen dengan nilai nol juga dari dua pertandingan.Tim lain di Grup A, Uruguay dan Arab Saudi baru akan bermain pada Rabu (20/6/2018), pukul 22:00 WIB. Jika Uruguay menang atas Arab Saudi, Mesir akan angkat koper. Jika Arab Saudi mengalahkan Uruguay, Mesir membutuhkan lebih dari sekadar performa bagus untuk masuk fase gugur. Pada laga terakhir, mereka harus menang atas Arab Saudi dan pada laga lain Rusia menang atas Uruguay.
6 Catatan yang Tercipta setelah Rusia Gulung Mesir 3-1
Rusia meraih kemenangan 3-1 atas Mesir, pada pertandingan kedua Grup A Piala Dunia, di St Petersburg, Selasa (19/6/2018). Gol Mesir merupakan hasil eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit ke-73, sementara gol Rusia dicetak oleh Ahmed Fathi (47, bunuh diri), Denis Cheryshev (59'), dan Artem Dzyuba (62').Seiring peluit berbunyi panjang, sejumlah rekor dan catatan baru tercipta. Berikut ini adalah rekor dan catatan berkaitan dengan laga Rusia vs Mesir tersebut.[suggestedarticle=2]1. Dalam dua pertandingan Piala Dunia 2018, Rusia mencetak delapan gol. Jumlah gol itu sama dengan yang dicetak Spanyol dalam tujuh pertandingan Piala Dunia 2010.2. Dengan keberhasilan Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Rusia, peraih sepatu emas Premier League telah mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia secara beruntun. Thierry Henry 3 gol pada 2006, Didier Drogba 1 gol pada 2010, Luis Suarez 2 gol pada 2014, dan Mohamed Salah 1 gol pada 2018.3. Mohamed Salah adalah pemain Mesir ketiga yang mencetak gol pada Piala Dunia, setelah Abdelrahman Fawzi (1934) dan Magdy Abed El Ghani (1990). 4. Delapan gol yang dicetak Rusia pada dua laga perdana Piala Dunia 2018 sama dengan yang rekor yang dibukukan Italia ketika menjadi tuan rumah pada 1934, juga delapan gol dalam dua pertandingan pertama.5. Sejak awal Piala Dunia 2018 hingga Rusia vs Mesir setelah, sudah tercipta lima gol bunuh diri. Jumlah gol bunuh diri tertinggi adalah enam gol, pada Piala Dunia 1998.6. Sepanjang laga Rusia vs Mesir itu, Mohamed Salah adalah pemain yang paling jarang menyentuh bola dibanding semua pemain outfield Mesir lainnya, yaitu hanya 19 sentuhan.[pagebreak]Video Rusia 3-1 Mesir[/pagebreak]
  243 kali
Dua Pemain Absen di Latihan Perdana Persija Usai Libur Lebaran
Skuat Persija Jakarta kembali berkumpul di Lapangan PS TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/6/2018). Latihan perdana tanpa dihadiri dua pemain, yakni Ismed Sofyan dan Gianluca Paglicua Rossy.Sebelum memulai latihan, Persija menjalankan tradisi silaturahmi kepada sesama pemain dan jajaran pelatih. Tradisi salam-salaman memang sudah dijalankan Persija dari beberapa tahun lalu usai libur Hari Raya Idulfitri.[suggestedarticle=3]Latihan perdana Persija usai libur lebaran tanpa dihadiri kapten Ismed Sofyan dan kiper muda Gianluca Rossy. Sang kapten masih berada di Aceh sedangkan Rossy mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19.Meski tanpa sang kapten, beberapa pemain bintang Persija sudah bergabung dengan latihan tim. Dua pemain timnas, Riko Simanjuntak dan Rezaldi Hehanussa sudah melahap menu latihan. Begitu juga dengan penyerang asing, Marko Simic.Pelatih Stefano Cugurra Teco memberi latihan pemulihan fisik, seperti menu speed dan endurance. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kondisi pemain setelah libur.“Setelah libur kita latihan aerobik dan juga latihan fisik. Ada dua pemain yang absen. Satu Ismed Sofyan izin lantaran ada urusan pribadi. Lalu Gianluca Rossy jalani TC bersama timnas U-19. Selain kedua pemain itu semua pemain tetap latihan,” ujar Teco, sapaan Stefano Cugurra.Persija menjadi salah satu tim yang berkumpul awal usai libur lebaran. Kebijakan tersebut dilakukan karena Macan Kemayoran akan jalani jadwal padat.Macan Kemayoran akan jalani tiga laga tunda Liga 1. Pada tanggal 26 Juni, Persija akan menjamu Persebaya Surabaya. Usai ladeni Bajul Ijo, Persija sudah ditunggu laga klasik kontra Pesib Bandung, 30 Juni dan ditutup dengan laga kontra Perseru, 3 Juli mendatang.
  566 kali
Menang atas Mesir, Rusia Pastikan Lolos ke Babak 16 Besar
Timnas Rusia memastikan lolos ke babak 16 besar usai menang atas Mesir dengan skor 3-1 dalam penyisihan grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6).Gol dari Timnas Rusia dicetak oleh Denis Cheryshev, Dzyuba dan gol bunuh diri dari pemain Mesir, Ahmed Fathy.Sedangkan satu gol Mesir diciptakan oleh Mohamed Salah.[suggestedarticle]Rusia tampil menekan sejak awal babak pertama dimulai.Menit ke-5, peluang didapatkan oleh tuan rumah. Umpan dari Aleksandr Samedov diteruskan oleh sundulan Sergey Ignashevich. Sayang, tandukan dari Ignashevich masih lemah sehingga masih bisa diamankan oleh kiper Mesir, El Shenawy.Mesir balik menyerang di menit ke-14. Berawal dari sepak pojok, bola langsung disambar lewat sundulan dari Marwan Mohsen. Namun, usaha dari Mohsen masih jauh dari sasaran gawang Rusia.Denis Cheryshev hampir saja membuat Rusia unggul menit ke-18, andai tembakan dari jarak jauhnya tak melenceng dari gawang El Shenawy.Tampak kedua tim sama-sama ngotot ingin meraih kemenangan dalam laga kal ini. Terlihat dari jual beli serangan yang dilakukan oleh Mesir dan juga Rusia.Namun, sejumlah peluang yang dihasilkan kedua tim tak membuahkan satu gol pun.Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor 0-0 untuk Mesir dan Rusia.[suggestedarticle=3]Selang dua menit babak kedua berjalan, Rusia membuat stadion bergemuruh setelah sepakan dari Roman Zobnin salah diantisipasi oleh bek Mesir, Ahmed Fathy yang malah menyeploskan bola ke gawangnya sendiri. Rusia pun unggul 1-0.Tertinggal satu gol membuat Mesir mengambil inisiatif untuk bermain lebih menyerang.Mohamed Salah mendapatkan peluang di menit ke-55. Berdiri bebas di dalam kotak penalti, Salah hampir menyeploskan bola, andai tendangannya tak membentuk bek dari Rusia.Bukannya menciptakan gol, gawang mesir justru kembali kebobolan di menit ke-59.Gol dari Rusia diciptakan lewat sontekan dari Denis Cheryshev setelah menerima umpan manis dari Mario Fernandes. Skor 2-0.Tiga menit kemudian, Mesir kembali dibuat tak berdaya usai lahirnya gol ketiga bagi Timnas Rusia yang dicetak oleh striker mereka, Dzyuba. Skor 3-0.Menit ke-72, Mesir mendapatkan hadiah penalti oleh sang wasit, setelah Salah dijatuhkan dalam kotak terlarang oleh pemain Rusia.Salah yang ditunjuk sebagai algojo, sukses memperkecil keadaan menjadi 1-3.[suggestedarticle]Namun, gol dari Salah tersebut tak mampu menghindari Mesir dari kekalahan melawan Rusia dengan skor 3-1.Kemenangan Rusia ini sekaligus membuat mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar.Sedangkan bagi Mesir, dua kekalahan yang mereka derita di fase grup, membuat kans Mesir untuk lolos ke bebak selanjutnya menjadi kandas sudah.Sepanjang pertandingan, Rusia melepaskan tiga tembakan akurat dari sebelas usaha, dengan penguasaan bola 47 persen. Adapun Mesir melepaskan satu tembakan jitu dari 13 percobaan.[pagebreak]Susunan Pemain[/pagebreak]Susunan pemain Rusia vs Mesir.Timnas Rusia: Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Yuri Zhirkov, Iury Gazinsky; Roman Zobnin, Denis Cheryshev, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin; Dzyuba.Timnas Mesir: Mohamed El Shenawy; Ahmed Fathy, Aly Gabr, Ahmed Hegazy, Mohammed Abdelshafy; Mohamed Al Nenny, Mohamed Salah, Abdallah El Said, Tarek Hamed, Mahmoud Treziguet; Marwan Mohsen.
  1781 kali
Digelontor 2 Gol dalam 3 Menit, Mesir Terancam Kritis
Pemain Rusia Denis Cheryshev dan Artem Dzyuba bergantian mencetak gol ke gawang Mesir, pada menit ke-59 dan ke-63 pertandingan kedua Grup A, di St Petersburg, Selasa (19/6/2018). Dengan dua gol itu, Mesir tertinggal 0-3.Gol pertama Russia merupakan gol bunuh diri Ahmed Fathi pada menit ke-47. Fathi mencetak gol bunuh diri ketika mengeblok tembakan Roman Zobnin.Jika gagal membalik keadaan, Mesir terancam tersingkir dari Piala Dunia mengingat pada laga pertama mereka kalah 0-1 dari Uruguay.
  515 kali
Gol Bunuh Diri Bawa Rusia Tinggalkan Mesir
Bek Mesir Ahmed Fathi mencetak gol bunuh diri, yang membuat timnya tertinggal 0-1 dari Rusia, pada pada menit ke-47 pertandingan Grup A Piala Dunia, di St Petersburg, Selasa (19/6/2018). Gol berawal dari tembakan Roman Zobnin yang terblok oleh Fathi. Bola kemudian meluncur ke sudut kiri bawah gawang Mohamed Elshenawy.Mengingat pada pertandingan pertama Mesir kalah 0-1 dari Uruguay, hasil selain menang atas Rusia bisa membuat Mesir terancam tersingkir.[pagebreak]Video Gol Bunuh Diri Ahmed Fathi[/pagebreak]
  973 kali
Nyaris Dilanggar Sebanyak Shearer, Neymar Tak Bisa Tuntaskan Latihan
Penyerang Brasil Neymar setidaknya dilanggar lawan sepuluh kali pada pertandingan Grup E Piala Dunia melawan Swiss, di Rostov-On-Don pada 17 Juni 2018. Jumlah pelanggaran yang dialami Neymar hanya kalah dari yang dialami Alan Shearer pada laga melawan Tunisia pada 1998 (11 kali).Neymar merasakan dampak pelanggaran-pelanggaran itu pada sesi latihan Brasil, di Sochi, Selasa (19/6/2018). Menurut seorang juru bicara tim nasional Brasil, Neymar sakit pada bagian pergelangan kaki kanan sehingga tidak bisa mengikuti sesi latihan sampai selesai.[suggestedarticle=2]Neymar saat ini menjalani perawatan dan diperkirakan bisa berlatih dengan normal pada sesi latihan Rabu (20/6/2018)."Ia merasa sakit karena banyaknya pelanggaran yang ia alami pada laga melawan Swiss. Ia mengeluh sakit dan ia menemui fisioterapis. Ia akan berlatih dengan normal besok," ujar juru bicara tersebut, seperti dilansir Sky Sports. 10 - The last player to be fouled more in a #WorldCup game than Neymar v Switzerland (10) was Alan Shearer in 1998 (11 v Tunesia). Down. pic.twitter.com/5uE51q1Irx — OptaJohan (@OptaJohan) June 17, 2018 Pertandingan Brasil vs Swiss berakhir 1-1. Sementara gol Brasil dicetak Philippe Coutinho, gol Swiss dicetak Steven Zuber pada menit ke-50.Dengan hasil itu, Brasil duduk di peringkat kedua Grup E dengan nilai satu, sama dengan Swiss pada posisi ketiga. Adapun puncak klasemen dihuni Serbia dengan nilai tiga dan dasar klasemen dihuni Kosta Rika dengan nilai nol.Pertandingan Brasil berikutnya adalah melawan Kosta Rika, di St Petersburg, pada Jumat (22/6/2018). Hasil selain menang bisa membuat Brasil terancam gagal lolos dari fase grup.[pagebreak]Video Brasil vs Swiss[/pagebreak]
  731 kali
Piala Dunia 2018: Senegal Menang Tipis 2-1 atas Polandia
Timnas senegal di luar dugaan mencatatkan kemenangan di laga pertama kontra Polandia. Mengandalkan kolektivitas permainan, Sadio Mane dan kolega menang tepis 2-1 di Spartak Stadium, Selasa (19/6/2018). Sementara Polandia terlalu sering menyia-nyiakan peluang.Kedua tim sama-sama mengambil inisiatif serangan sedari awal. Polandia mengandalkan para pemain sayapnya untuk mengancam pertahanan Senegal.Jakub Blaszczykowski dan Kamil Grosicki silih berganti melancarkan serangan. Namun, setiap usaha yang dibangun masih dapat diantisipasi dengan benar para pemain Senegal.[suggestedarticle=2]Senegal langsung mendapat kans mencetak gol melalui sepakan bebas Mbaye Niang. Eks pemain AC Milan itu dilanggar saat mencoba masuk ke area berbahaya Polandia. Sayang, tendnagan bebas yang diambilnya masih belum menemui sasaran di menit ke-14.Kedua tim dapat dikatakan hanya bermain di lapangan tengah. Polandia dan Senegal sulit memasuki wilayah lawan. Sekalipun sukses, peluang yang didapat kerap terbuang percuma akibat penyelesaian akhir yang buruk.Ketiga laga Polandia versus Senegal tidak ada tembakan yang tepat sasaran hingga menit ke-36, Senegal justru berhasil unggul satu menit kemudian.[suggestedarticle=2]Tembakan Idrissa Gana Gueye di menit ke-37 berbelok arah lantaran mengenai badan Thiago Cionek. Pengawas pertandingan lantas memutuskan jika gol yang terjadi merupakan gol bunuh diri dan Cionek pun menjadi pemain Polandia pertama yang melakukannya di Piala Dunia. Skor 1-0 untuk Senegal hingga turun minum.Memulai babak kedua, Polandia berhasrat untuk mengejar ketertinggalan satu gol. Tujuh menit setelah kick off babak kedua dimulai, Robert Lewandowski nyari menyamakan kedudukan.Berawal dari pelanggaran Sadio Mane yang mamaksa wasit memberinya kartu kuning dan tendangan bebas untuk Polandia. Lewandoski yang maju sebagai eksekutor menarget sisi kiri gawang. Namun, usahanya sia-sia setelah kiper senegal Khadim N'Diaye masih bisa menjangkaunya.Nahas bagi Polandia yang sedang berusaha mencari gol penyeimbang. Senegal berhasil mencetak gol kedua memanfaatkan kesalahan lini belakang lawan.Mbaye Niang dengan mudah mengarahkan bola ke gawnag kosong usai blunder yang dilakukan kiper dan pemain belakang Polandia. Senegal menjauh 2-0 di menit ke-60. usai gol tersebut Pelatih senegal Aliou Cisse menginstruksikan anak asuhnya untuk fokus bertahan. Tampak para pemain Polandia mulai frustasi dalam upaya mencetak gol balasan. Upaya mereka kerap gagal termasuk saat umpan Lukasz Piszczek ke daerah berbahaya Senegal yang gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Arkadiusz Milik. Polandia belum mau menyerah dengan menguasai 59 persen jalannya pertandingan. Akan tetapi, para pendukung Polandia di bangku penonton kompak memasang wajah muram dan terdiam. Grzegorz Krychowiak akhirnya sukses melesakkan gol ke gawang Senegal di menit ke-86. Sundulan kerasnya memanfaatkan umpan lambung Kamil Grosicki memperkecil keadaan menjadi 1-2.Mendominasi laga dengan 68 persen penguasaan bola tidak cukup bagi Polandia meraih gol penyeimbang. Setelah 90 menit dan tambahan waktu usai kedua tim tidak lagi mencetak gol. Tiga poin pun menjadi milik Senegal.Sepanjang laga, menurut catatan FIFA, Polandia melepaskan empat tembakan akurat dari sepuluh usaha, dengan penguasaan bola 58 persen. Adapun Senegal melepaskan dua tembakan jitu dari delapan percobaan.SUSUNAN PEMAINPOLANDIA (4-4-1-1)Wojciech Szczesny; Lukasz Piszczek (Bartosz Bereszynski 83), Thiago Cionek, Michal Pazdan, Maciej Rybus; Piotr Zielinski, Grzegorz Krychowiak, Jakub Blaszczykowski (Jan Bednarek 46), Arkadiusz Milik (Dawid Kownacki 73); Kamil Grosicki; Robert LewandowskiPelatih: Adam NawalkaSENEGAL (4-4-2)Khadim N'Diaye; Moussa Wague, Salif Sane, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Ismaila Sarr, Alfred N'Diaye (Cheikhou Kouyate 87), Idrissa Gana Gueye, Sadio Mane; Mame Biram Diouf (Cheikh Ndoye 62), Mbaye Niang (Moussa Konate 76)Pelatih: Aliou Cisse[pagebreak]Video Polandia 1-2 Senegal[/pagebreak]Lihat juga
  515 kali
Grzegorz Krychowiak Bayar Utang, Polandia Masih dalam Bahaya
Gelandang Polandia Grzegorz Krychowiak mencetak gol pada menit ke-86 pertandingan Grup H Piala Dunia melawan Senegal, di Moskwa, Selasa (19/6/2018). Dengan gol itu, kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Senegal.Gol kedua Senegal dicetak Mbaye Niang pada menit ke-60. Gol itu berawal dari back-pass yang dilepaskan Krychowiak. Adapun gol pertama merupakan gol bunuh diri Thiago Cionek pada menit ke-37.Saat berita ini tayang, pertandingan memasuki menit ke-90+1. Wasit memberikan injury time empat menit.
  378 kali
1529427098188 tag