(Foto: Bolalob)

Dari Kiper Hingga Striker, Ini Daftar Kapten Tim di Piala Dunia 2018

Panggung Piala Dunia 2018 akan segera dimulai, sebanyak 32 kontestan sudah tiba di Rusia untuk mengemban satu misi yakni menjadi yang terbaik di jagat raya.

Untuk itu mereka membutuhkan sosok pemimpin yang membantu rekan-rekannya bisa bersinergi di atas lapangan, itulah tugas yang diemban oleh sang kapten.



Dari 32 tim, jabatan kapten tersebar di berbagai posisi. Dari seorang penjaga gawang hingga penyerang. Dari yang tertua hingga termuda.

Berikut daftar lengkap kapten tim untuk 32 negara kontestan:

GRUP A



Rusia - Igor Akinfeev
Arab Saudi - Osama Hawsawi
Mesir - Essam El-Hadary
Uruguay - Diego Godin

GRUP B



Portugal - Cristiano Ronaldo
Spanyol - Sergio Ramos
Maroko - Medhi Benatia
Iran - Masoud Shojaei

GRUP C



Perancis - Hugo Lloris
Australia - Mile Jedinak
Peru - Paulo Guerero
Denmark - Simon Kjaer

GRUP D



Argentina - Lionel Messi
Islandia - Aron Gunnarsson
Kroasia - Luka Modric
Nigeria - John Obi Mikel

GRUP E



Brasil - Bergantian
Swiss - Stephan Lichtsteiner
Kosta Rika - Bryan Ruiz
Serbia - Aleksandar Kolarov

GRUP F



Jerman - Manuel Neuer
Meksiko - Andres Guardado
Swedia - Andreas Granqvist
Korea Selatan - Ki Sung-yueng

GRUP G



Belgia - Vincent Kompany
Panama - Felice Baloy
Tunisia - Aymen Mathlouthi
Inggris - Harry Kane

GRUP H



Polandia - Robert Lewandowski
Senegal - Cheikhou Kouyate
Kolombia - Radamel Falcao
Jepang - Makoto Hasebe

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Messi dan Suarez Sepakat Cegah Griezmann Gabung ke Barcelona
Kabar mengenai Antoine Griezmann yang akhirnya tetap bertahan di Atletico Madrid telah membuat dua pemain bintang Barcelona kecewa.Menurut media Spanyol, Lionel Messi dan Luis Suarez telah bersepakat untuk mencegah Antoine Griezmann bergabung dengan Barcelona.Griezmann beberapa waktu lalu sempat dikaitkan dengan kepindahannya ke Barcelona setelah pelatih Ernesto Valverde menyatakan ketertarikannya untuk membawa bintang Atletico Madrid tersebut ke Nou Camp. [suggestedarticle=3]Namun, setelah berminggu-minggu kabar spekulasi tentang masa depannya itu, Griezmann akhirnya mengumumkan bahwa dia akan tinggal di Wanda Metropolitano pada film dokumenter yang ia buat.Pemain asal Perancis itu juga menandatangani kontrak baru awal pekan ini yang akan membuatnya tetap bertahan di Atletico sampai tahun 2023.Media Don Balon, menyatakan bahwa Messi dan Suarez telah berkonspirasi untuk mencegah Griezmann datang ke Camp Nou.Dikabarkan Messi dan Suarez membuat perjanjian untuk memastikan Griezmann tidak akan gabung ke skuat Blaugrana.Griezmann sendiri saat ini tengah membela Timnas Perancis di Piala Dunia 2018 dan telah mencetak satu gol lewat tendangan penalti.
  227 kali
Bawa Kroasia Menang dari Argentina, Rakitic Sindir Halus Messi
Satu gol dari Ivan Rakitic mampu membawa Kroasia menang 3-0 atas Argentina di laga kedua Grup C ajang Piala Dunia 2018, Rusia.Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Nizhny Novgorod pada Jumat (22/6/2018) dini hari WIB tersebut, Argentina kebobolan usai kiper mereka Willy Caballero melalukan blunder fatal di menit ke-53.Usai itu Kroasia mampu menambah dua gol lainnya melalui Luka Modric pada menit ke-80 dan Rakitic di penghujung laga.[suggestedarticle=3]Rakitic yang merupakan rekan setim Lionel Messi di Barcelona mengatakan bahwa satu pemain hebat tak akan mampu membawa tinya meraih gelar juara dunia.“Tak perlu diragukan lagi, Leo adalah pemain terbaik di dunia saat ini. Namun untuk menjadi juara di Piala Dunia, Anda tidak bisa mengandalkan seorang saja. Anda harus bermain sebagai sebuah kesatuan,” ucap Rakitic, seperti disadur dari Football Italia, Jumat (22/6/2018).Messi sendiri telah memenangkan 32 trofi dan lima gelar pemain terbaik atau Ballon d'Or dalam 14 musim bersama Barcelona, tetapi tidak pernah mengangkat Piala Dunia bersama timnas Argentina.Kemenangan ini adalah yang kedua bagi Kroasia dan memastikan mereka lolos ke babak 16 besar, usai raihan tiga poin atas Nigeria di laga perdana.
  2928 kali
Argentina Ulangi Rekor Buruk 60 Tahun Lalu
Argentina harus mengakui keunggulan Kroasia 0-3 pada laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB.Tiga gol kemenangan Kroasia dicetak oleh Ante Rabic pada menit ke-53, Luka Modric (80'), dan Ivan Rakitic pada masa injury time.[suggestedarticle]Kekalahan ini adalah yang terbesar bagi timnas Argentina di fase grup Piala Dunia dalam 60 tahun terakhir.Sebelumnya, timnas Argentina sempat dihancurkan Cekoslovakia dengan skor 1-6 pada Grup 1 Piala Dunia 1958.Argentina terancam tak bisa lolos ke babak 16 besar dengan hasil ini, mereka akan menunggu hasil di partai lain antara Islandia dan Nigeria. Tentu mereka berharap kedua tim tak meraih kemenangan dalam laga tersebut.Berikut fakta menarik yang terjadi usai kekalahan Argentina atas Kroasia seperti dilansir dari BBC: Kemenangan atas Argentina merupakan yang pertama untuk Kroasia ketika menghadapi wakil Amerika Selatan pada ajang Piala Dunia. Pertama kalinya sejak 1974 Argentina gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan pertama Piala Dunia. Kemenangan terbesar kedua Kroasia pada Piala Dunia, sebelumnya mengalahkan Kamerun 4-0 pada 2014 dan Jerman dengan skor sama 3-0 pada 1998. Argentina tidak pernah meraih kemenangan dalam empat pertandingan Piala Dunia terakhir mereka (masing-masing dua seri dan kalah). Lionel Messi memiliki tendangan paling banyak pada Piala Dunia 2018 (12), namun belum mencetak satu gol pun.
  500 kali
Statistik Messi Saat Argentina Kalah dari Kroasia
Argentina harus mengakui keunggulan Kroasia 0-3 pada laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB.Tiga gol kemenangan Kroasia dicetak oleh Ante Rabic pada menit ke-53, Luka Modric (80'), dan Ivan Rakitic pada masa injury time.Messi pun tampil tak begitu impresif di laga kedua ini, berbeda dengan saat melawan Islandia.[suggestedarticle=3]Statistik mencatat, Messi bahkan hanya membuat 20 sentuhan di babak pertama dan 29 di paruh waktu kedua.Pemain asal Barcelona itu hanya sekali saja melepaskan tembakan melawan Kroasia. Itu pun tidak mengarah ke gawang, seperti dikutip Whoscored. 7 & 20 - The two Argentina players with the fewest touches in the first half vs Croatia are Sergio Aguero (7) and Lionel Messi (20). Wasted. #ARG #ARGCRO #WorldCup pic.twitter.com/WcXMFTVrSA — OptaJoe (@OptaJoe) June 21, 2018 Untuk operan, Messi melakukan 32 operan dengan persentase akurasi 75 persen. Dia juga melancarkan dua tekel serta membuat dua pelanggaran.Kekalahan dari Kroasia membuat Argentina kini berada di ujung tanduk. Mereka terancam gagal lolos ke fase selanjutnya karena hanya tinggal berebut satu tiket saja dari Grup D dengan Nigeria dan Islandia.Kini, Argentina bergantung kepada hasil laga lain antara Islandia melawan Nigeria yang baru dimainkan hari ini, Jumat (22/6/2018).Jika Islandia menang melawan Nigeria, Argentina dipastikan harus pulang lebih cepat dari Rusia kali ini. Namun, peluang Argentina masih terbuka andai Islandia gagal meraih poin pada laga tersebut.Dalam dua laga Argentina baru mengoleksi satu poin dan berada di peringkat ketiga Grup D berkat hasil imbang 1-1 melawan Islandia di pertandingan pertama.
  1626 kali
TERPOPULER: Alasan Ronaldo Selebrasi Elus Janggut, Persib Minta Persija Menyerah
Laga uji coba melawan Korea Selatan menjadi penilaian pelatih Luis Milla untuk menentukan skuat final saat hadapi Asian Games 2018.Luis Milla Segera Tentukan Skuat Final Timnas Indonesia U-23Gelandang Stefano Lilipaly hanya ingin fokus dan memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Korea Selatan. Stefano Lilipaly Siap Kerja Keras Melawan Korea SelatanManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menyarankan agar Persija menyerah saja karena tidak dapat menggelar pertandingan melawan timnya. Hal tersebut tidak lepas dari keinginan Persija untuk menggelar pertandingan di Stadion PTIK.Umuh Muchtar Anggap Persija Takut dan Disarankan Menyerah Lawan PersibCristiano Ronaldo mengungkapkan alasan dirinya melakukan selebrasi dengan mengelus janggut usai mencetak gol ke gawang Spanyol. Ronaldo menyatakan selebrasi tersebut hanya sekadat bercandaan dengan rekan setimnya, Ricardo Quaresma.Bukan Ejek Messi, Ini Alasan Ronaldo Lakukan Selebrasi Elus JanggutPenggawa Muda Black Steel Manokwari, Guntur Sulistyo, senang bisa mendapatkan kesempatan untuk berlatih bersama tim senior Chonburi Bluewave, juara Liga Futsal Thailand dan AFC Futsal Club Championship.Penggawa Muda Black Steel Ini Beruntung Dapat Kesempatan Gabung klub Juara Liga Thailand
  749 kali
Rekor Gol Cristiano Ronaldo Kalah dari 5 Perempuan Ini
Cristiano Ronaldo mencetak gol yang menentukan kemenangan Portugal 1-0 atas Maroko, pada laga kedua Grup B Piala Dunia, di Luzhniki, Moskwa, Rabu (20/6/2018). Dengan gol itu, Ronaldo menjadi pencetak gol internasional terbanyak dibanding pemain Eropa lain (85 gol).Rekor itu berlaku untuk pesepak bola pria asal Eropa. Secara umum, rekor pencetak gol terbanyak yang dibukukan pemain Eropa dibukukan oleh seorang perempuan, yaitu Birgit Prinz yang mencetak 128 gol untuk tim nasional Jerman.Selain Birgit Prinz, ada empat pemain perempuan asal Eropa yang membukukan lebih dari seratus gol pada level internasional, yaitu pemain Skotlandia Julie Fleeting (116 gol), pemain Italia Patrizia Panico (110 gol), pemain Italia Elisabetta Vignotto (107 gol), dan pemain Italia Carolina Morace (105 gol).[suggestedarticle=2]Bagi Ronaldo, dengan gol ke gawang Maroko itu, ia telah mencetak empat gol dalam dua laga perdana Portugal di Piala Dunia 2018. Gol-gol itu tercipta dari tembakan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan.Ronaldo pun menjadi pemain Portugal pertama setelah Jose Torres pada 1966 yang mencetak gol dengan kaki kanan, kaki kiri, dan kepala dalam satu edisi Piala Dunia.
  408 kali
Bintang Maroko Kritik Sikap Wasit Piala Dunia, Usai Minta Jersey Ronaldo
Pernyataan mengejutkan dibuat oleh pemain Maroko, Nordin Amrabat mengenai wasit Mark Geiger yang meminta jersey Cristiano Ronaldo saat memimpin laga kedua tim pada Rabu (20/6) malam di ajang Piala Dunia 2018.Portugal dalam laga ini menang tipis 1-0 atas Maroko melalui gol tunggal dari Ronaldo.Amrabat mengatakan tindakan sang wasit kepada stasiun televisi asal Belanda usai laga: "Saya tak tau apa yang ia (wasit) lakukan, tapi dia sangat terpesona dengan Cristiano Ronaldo, dan saya dengan dari Pepe bahwa ia meminta jersey Ronaldo di babak pertama," ujarnya.[suggestedarticle=3]"Apa yang kami bicarakan? Di Piala Dunia? Ini bukan sirkus," ujar pemain Watford itu.Amrabat sempat mendapatkan cedera gegar otak ringan dalam laga perdana melawan Iran. Ia pun sebenarnya tak boleh bermain di laga kedua, namun pemain yang menjalani masa pinjaman di Leganes itu memakai helm pelindung saat laga melawan Portugal.
  878 kali
Hadir Saat Laga Portugal Vs Maroko, Pacar Ronaldo Pamerkan Cincin Seharga Rp 11 Miliar
Kekasih Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez sempat menyaksikan langsung laga Portugal melawan Maroko di Stadion Luzhniki, Rabu (20/6). Kehadirannya sempat menyita perhatian para pewarta terlebih saat menunjukkan cincin barunya yang diduga merupakan cincin tunangan dengan Ronaldo.Georgina yang mengenakan jersey Portugal dengan nomor punggung 7 terlihat membaur di dalam stadion saat laga Portugal melawan Maroko dalam lanjutan laga Grup B Piala Dunia 2018.[suggestedarticle=3] Dalam kesempatan tersebut Georgina sempat terlihat menunjukkan cincin berlian mewah yang diduga cincin tunangan dengan kekasihnya, Cristiano Ronaldo.[pagebreak]Rp 11 Miliar[/pagebreak]The Sun melaporkan cincin yang bermerk Cartier tersebut berharga mencapai 615 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 11 miliar.Kehadiran Georgina ikut mempengaruhi Ronaldo pada laga tersebut. Ronaldo berhasil mencetak satu gol yang merupakan gol satu-satunya di laga tersebut.
  894 kali
Piala Dunia 2018: Siapa Pemain Yang Paling 'Berisik' di Twitter?
Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi salah satu magnet perbincangan di media sosial kali ini, khususnya Twitter. Selama hampir satu bulan lebih ajang ini akan menjadi pembuktian negara mana yang terbaik dalam menglah si kulit bundar.Twitter juga menjadi alat komunikasi dan pemberitaan secara masif dan cepat bagi ajang Piala Dunia. Mereka pun merilis emoji negara, tagar hingga kolom up to date berita seputar pertandingan yang sedang digelar.Baru-baru ini Twitter merilis daftar 10 pemain yang paling sering dibicarakan di lini masa dunia.[suggestedarticle=3]Neymar memimpin lini masa Twitter sebagai pemain paling 'berisik' selama ajang Piala Dunia 2018. Salah satunya karena gaya rambut baru milik pemain asal Brasil itu.Pemain termahal dunia ini baru saja mewarnai rambutnya dengan warna pirang, dengan dibuat keriting kecil-kecil. Banyak netizen di media sosial yang mengejek gaya rambutnya dan menyamakan dengan mi instan.Dua bintang lainnya yakni Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Lionel Messi (Argentina) ada di urutan kedua dan ketiga.Tak lupa bintang yang sedang naik daun, Mohamed Salah juga masuk dalam pembicaraan netizen global selama Piala Dunia berlangsung.
  333 kali
Piala Dunia 2018: Empat Veteran Amerika Selatan yang Berpengaruh di Rusia
Negara Amerika Selatan belum lagi berjaya di Piala Dunia sejak Brasil mengalahkan Jerman di final Piala Dunia 2002. Lalu, bagaimana dengan kiprah negara Amerika Selatan di Piala Dunia 2018? Kita semua tahu ada pemain bintang di Argentina bernama Lionel Messi. Lalu di Brasil ada Neymar yang kini menjadi bendera negara.Baik Messi dan Neymar pada matchday perdana gagal membawa kemenangan bagi negaranya. Argentina ditahan imbang 1-1 oleh Islandia. Sedangkan Brasil juga gagal menang dan bermain imbang 1-1 melawan Swiss.[suggestedarticle=3]Tapi Amerika Selatan bukan hanya Messi dan Neymar. Ada beberapa pemain Amerika Selatan veteran yang juga berpengaruh di sebuah tim. Dari gelandang hingga pemain depan, Amerika Selatan punya veteran tangguh di Piala Dunia kali ini.Lantas siapa saja pemain Amerika Selatan yang patut diperhatikan publik sepak bola dunia di Rusia?Cristian Rodriguez (Uruguay)Dunia mungkin kerap mengenal Uruguay dengan nama Luis Suarez, Edinson Cavani, atau Diego Godin. Tapi publik juga harus lebih mengenal Cristian Rodriguez.Rodriguez merupakan pemain veteran berusia 32 tahun yang juga masuk dalam top 100 caps di Uruguay. Dia membantu Albiceleste menggapai 16 besar Piala Dunia empat tahun lalu di Brasil.Di Rusia, Rodriguez sudah memainkan satu pertandingan, yakni melawan Mesir. Ia masuk dari bangku cadangan pada menit 59 dan membantu kemenangan Uruguay melalui gol Jose Gimenez.Pemain Penarol itu diprediksi bakal melanjutkan tren positif Uruguay di laga berikutnya saat berhadapan dengan Arab Saudi.[pagebreak]Ever Banega (Argentina)[/pagebreak]Ever Banega (Argentina)Jika Anda berpikir bahwa hanya Messi yang mampu mengontrol permainan, harusnya ada nama Ever Banega juga yang mampu menjaga kedalaman permainan sebuah tim.Messi punya daya jelajah yang luar di lapangan. Ia menjadi penghubung antar lini. Tapi Banega juga menjadi pemain kunci yang mempengaruhi tim.Gelandang Sevilla berusia 29 itu semakin matang dalam permainannya. Meski dalam pertandingan perdana Grup D Piala Dunia 2018, Benega masuk dari bangku cadangan pada menit 54, itu sudah cukup membuat perubahan permainan Tim Tango.Hasil akhir memang tak menguntungkan Argentina. Mereka harus imbang dari debutan Piala Dunia, Islandia, dengan skor 1-1. Tapi tenaga Banega dirasa akan sangat berguna saat hadapi Kroasi di matchday kedua Grup D.[suggestedarticle]Thiago Silva (Brasil)Rusia punya cerita buruk bagi Thiago Silva. Pemain Paris Saint-Germain itu hampir mati pada tahun 2005 saat jalani masa peminjaman di Dynamo Moskow.Eks bek AC Milan itu meringkuk enam bulan di rumah sakit karena menderita tuberkilosis, penyakit menular yang memengaruhi paru-paru.Kini setelah pulih, Silva tentu berharap tuah bagus dengan 'kepulangannya' ke Rusia bersama Brasil. Merengkuh Piala Dunia bagi Selcao merupakan impian dan target dari setiap pemain Brasil.Silva yang sudah memenangkan 14 trofi selama enam musim di PSG, sedang berusaha untuk menggapai gelar juara Piala Dunia pertamanya.[suggestedarticle]Jefferson Farfan (Peru)Setelah Teofilo Cubillas membawa Peru ke Piala Dunia 1970, kini publik dunia tertuju ke Jefferson Farfan. Lagi-lagi pemain veteran. Kenapa? karena Farfan kini jadi tumpuan lini depan Peru.Farfan menjadi pemicu gempa bumi buatan usai mencetak gol kemenangan atas Selandia Baru di Play-off Piala Dunia. Kini pemain Lokomotiv Moskow itu mencari 'gempa bumi' lain di Rusia.Farfan tak asing dengan Rusia. Ia punya prestasi bagus di Rusia bersama klubnya, Lokomotiv. Penyerang 33 tahun itu baru saja memengkan juara Liga Rusia pada Mei. Farfan pun cukup produktif di klubnya dengan torehan 11 gol.Sang pemain memang belum memperlihatkan ketajamannya di matchday 1. Peru kalah 0-1 dari Denmark lewat gol Yussuf Poulsen. Tapi bisa saja 'amarah' Farfan meledak pada matchday kedua saat hadapi Perancis.
  297 kali
1529596202057 tag