(Foto: istimewa)

Kiper Utama Barcelona Umumkan Pensiun

Keputusan mengejutkan diambil oleh kiper utama tim futsal Barcelona Lassa, Fransisco 'Paco' Sedano. Beberapa hari sebelum final Liga Futsal Spanyol leg ketiga, Paco mengumumkan pensiun dari futsal.

Keputusan ini cenderung mengejutkan karena Paco pada awal 2018 baru memperpanjang kontrak selama dua tahun bersama Barca. Paco yang sudah berusia 38 tahun punya alasan tersendiri memilih gantung sepatu.

"Ini keputusan paling sulit yang saya pilih dalam hidup. Keputusan ini telah saya pikirkan selama dua bulan belakangan," ungkap Kiper timnas Spanyol di empat gelaran Piala Dunia Futsal ini.

"Saya telah menjalani karir impian. Bermain bersama tim kota kelahiran yaitu Mostoles serta meraih juara dunia (bersama Spanyol pada 2004) saya menghabiskan 11 musim bersama klub terbaik di dunia dan memenangkan hampir semua gelar. Saya sangat beruntung dan menurut saya ini hari bahagia, tidak ada yang bersedih," ungkapnya.





Keluarga menjadi alasan Paco tidak lagi meneruskan karirnya di futsal. "Putri saya berusia 12 tahun dan tinggal di Madrid. Begitu pula Istri dan keluarga. Sudah waktunya untuk pulang ke rumah. Semua orangtua pasti mengerti. Saat putri saya bersekolah, saya harus selalu ada di sampingnya," ungkap Paco.

Paco berharap dirinya tidak akan meninggalkan futsal berlama-lama dan ingin tetap terlibat di dalam olahraga yang telah membesarkan namanya tersebut.

Sebagai penghormatan, pihak Barcelona mempensiunkan nomor punggung 28 di dalam tim futsalnya. Sementara itu Paco masih punya tugas membantu Barca meraih kemenangan dan membuka peluang meraih gelar juara liga di partai final.

Barca takluk dua kali di dua leg final dan di laga selanjutnya mereka tidak boleh kalah lagi untuk membuka peluang merebut gelar dari musuh bebuyutan, Inter Movistar.

Utamakan Keluarga Selengkapnya  

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Inilah Jadwal Partai Penentuan Gelar Juara Liga Futsal Spanyol
Barcelona Lassa kembali memperpanjang napasnya setelah berhasil meraih kemenangan di leg keempat Liga Futsal Spanyol musim 2017/2018 pada Minggu (17/6) dinihari di Palau Blaugrana dengan mengalahkan Inter Movistar.Sebelumnya peluang Barca merebut gelar juara dari Inter Movistar cukup sulit. Ini karena Inter Movistar berhasil meraih dua kemenangan di partai awal yang dimainkan di kandang mereka di Arena Jorga Garbajosa, Madrid.Namun Barca berhasil membuka peluang dengan meraih dua kemenangan saat laga leg ketiga dan keempat dimainkan di kandang mereka yaitu Palau Blaugrana. Dua laga tersebut berlangsung cukup keras dan sengit.Hasil ini membuat skor final menjadi 2-2 dan dilanjutkan ke laga kelima yang merupakan penentuan gelar juara dan akan digelar di kandang Inter Movistar pada Rabu (20/6) 02.30 WIB dinihari.Liga Futsal Spanyol sendiri menggunakan sistem best five dalam partai finalnya di mana jika salah satu tim sudah meraih tiga kemenangan setelah partai keempat, maka partai final kelima tidak perlu digelar.[suggestedarticle=3][pagebreak]Hasil dan Jadwal[/pagebreak]Berikut hasil empat leg final Liga Futsal Spanyol 2018/2019:Jumat, 8 Juni 2018 - 02.00 WIB - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar 4-2 Barcelona LassaSabtu, 9 Juni 2018 - 18.30 WIB - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar 4-2 Barcelona LassaJumat, 15 Juni 2018 - 02.15 WIB - Arena Palau BlaugranaBarcelona Lassa vs Inter MovistarMinggu, 17 Juni 2018 - 00.15 WIB - Arena Palau BlaugranaBarcelona Lassa vs Inter MovistarJadwal Selanjutnya:Rabu, 20 Juni 2018 - 02.30 - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar vs Barcelona Lassa
  687 kali
Inter Movistar Berpeluang Raih Gelar Juara Liga Spanyol Lima Kali Berturut-turut
Meski jumawa di dua laga awal final Liga Futsal Spanyol, Inter Movistar harus takluk di laga final leg ketiga dan dan keempat yang digelar di kandang lawannya, FC Barcelona Lassa.Hasil ini membuat skor final menjadi 2-2 dan dilanjutkan ke laga kelima yang merupakan penentuan gelar juara dan akan digelar di kandang Inter Movistar pada Rabu (20/6) 02.30 WIB dinihari di Pabellon Jorge Garbajosa.Liga Futsal Spanyol sendiri menggunakan sistem best five dalam partai finalnya di mana jika salah satu tim sudah meraih tiga kemenangan setelah partai keempat, maka partai final kelima tidak perlu digelar.[suggestedarticle=3][pagebreak]Selengkapnya[/pagebreak]Dimainkannya partai kelima ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri buat Inter karena akan dimainkan di kandang mereka. Di musim ini, Inter selalu meraih kemenangan atas Barca di kandang mereka tersebut.Apalagi dua laga awal final diraih dengan skor berselisih dua gol. Sedangkan Barca harus susah payah memenangkan dua laga mereka di kandang dengan hanya selisih satu gol, serta satu kemenangan dicetak lewat adu penalti.Jika meraih kemenangan di laga kelima, Inter mempertahankan gelar juara liga dan mencatatkan rekor lainnya dengan menjadi peraih gelar juara liga futsal spanyol lima kali secara berturut-turut. Selain itu rekor gelar juara liga mereka juga belum tersentuh dengan hingga saat ini sudah meraih 12 gelar sejak masih bernama Boomerang Interviu.
  610 kali
Video Highlights Final Leg Keempat: Barcelona vs Inter Movistar
Setelah laga keras di final leg ketiga Liga Futsal Spanyol 2017/2018 di Palau Blaugrana, Barcelona, partai keempat final antara Barcelona Lassa kontra Inter Movistar kembali digelar di tempat yang sama dua hari berselang atau pada Minggu (17/6).Gol Dyego di menit akhir waktu normal menghindarkan Barca dari kekalahan dengan skor 3-3. Di babak adu penalti, Barca berhasil menang dengan skor 3-1. Ini membuat mereka memenangkan laga leg keempat dan agregat di partai final menjadi sama kuat 2-2.Partai final kelima yang merupakan penentuan juara bakal digelar pada Rabu (20/6) pukul 02.30 WIB di Arena Jorge Garbajosa, Madrid.[suggestedarticle=3][pagebreak]Pencetak gol[/pagebreak]Pencetak gol di leg keempat:0-1 4' Gadeia 1-1 19' Dyego 2-1 36' Sergio Lozano 2-2 38' Gadeia 2-3 40' Rafael Rato 3-3 40' Dyego Adu Penalti1-0 Esquerdinha 1-0 Ortiz 2-0 Sergio Lozano 2-1 Ricardinho 3-1 Dyego
  956 kali
Peluang Barcelona Raih Gelar Juara Liga Futsal Spanyol Kembali Terbuka
Barcelona Lassa kembali memperpanjang napasnya setelah berhasil meraih kemenangan di leg keempat Liga Futsal Spanyol musim 2017/2018 pada Minggu (17/6) dinihari di Palau Blaugrana dengan mengalahkan Inter Movistar.Sebelumnya peluang Barca merebut gelar juara dari Inter Movistar cukup sulit. Ini karena Inter Movistar berhasil meraih dua kemenangan di partai awal yang dimainkan di kandang mereka di Arena Jorga Garbajosa, Madrid.Namun Barca berhasil membuka peluang dengan meraih dua kemenangan saat laga leg ketiga dan keempat dimainkan di kandang mereka yaitu Palau Blaugrana. Dua laga tersebut berlangsung cukup keras dan sengit.[suggestedarticle=3][pagebreak]Selengkapnya[/pagebreak]Hasil ini membuat skor final menjadi 2-2 dan dilanjutkan ke laga kelima yang akan digelar di kandang Inter Movistar pada Rabu (20/6) 02.30 WIB dinihari.Tentunya ini menjadi tantangan buat Barca untuk menang di kandang Inter sekaligus merebut gelar juara yang telah bertahan di Madrid sejak tahun 2014. Sebelum diraih Inter, Barca sempat dominan dengan merebut tiga gelar juara pada 2010-2013.Liga Futsal Spanyol sendiri menggunakan sistem best five dalam partai finalnya di mana jika salah satu tim sudah meraih tiga kemenangan setelah partai keempat, maka partai final kelima tidak perlu digelar.
  369 kali
Lewat Drama Adu Penalti, Barcelona Raih Kemenangan Kedua Atas Inter di Final Leg Keempat
Setelah laga keras di final leg ketiga Liga Futsal Spanyol 2017/2018 di Palau Blaugrana, Barcelona, partai keempat final antara Barcelona Lassa kontra Inter Movistar kembali digelar di tempat yang sama dua hari berselang atau pada Minggu (17/6).Inter berhasrat mengunci sekaligus mempertahankan gelar juara di kandang lawan pada leg keempat ini. Hal itu terlihat dari gol cepat yang mereka lesakan lewat sang pivot, Gadeia, di menit keempat. Barca sempat kesulitan untuk menembus pertahanan sang juara bertahan di Spanyol maupun di Eropa tersebut. Namun akhirnya mereka mampu menyamakan kedudukan lewat gol Dyego satu menit jelang babak pertama berakhir.Di babak kedua, laga kembali berjalan sengit, Ricardinho yang merupakan otak serangan Inter berkali-kali memberikan umpan manis untuk Taffy, Elisandro, maupun Daniel Siraishi di depan gawang.[suggestedarticle=3][pagebreak]Drama di Akhir Laga[/pagebreak]Namun Barca akhirnya yang berhasil unggul lewat gol Sergio Lozano di menit 36. Dua menit berselang, Gadeia mencetak gol keduanya sekaligus membuka asa Inter. Di menit 40, petaka untuk Barca muncul lewat sepakan Rafael Rato yang gagal dihalau kiper Paco Sedano.Tak butuh waktu lama untuk Barca mencetak gol, 15 detik jelang laga berakhir sebuah aksi Dyego diselesaikan lewat sepakan keras yang membuat waktu normal berakhir dengan skor 3-3. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.Di babak tambahan 2x5 menit, tak ada lagi gol yang tercipta dan membuat pertandingan beralih ke adu penalti.Di babak adu penalti, eksekusi penalti Ortiz gagal masuk. Sedangkan tiga penendang Barca yait Eszuerdinha, Sergio Lozano dan Dyego berhasil mengeksekusi bola dengan baik dan membuat mereka memenangkan laga leg keempat dan agregat di partai final menjadi sama kuat 2-2.Partai final kelima yang merupakan penentuan juara bakal digelar pada Rabu (20/6) pukul 02.30 WIB di Arena Jorge Garbajosa, Madrid.
  1371 kali
Kumpulan Video Aksi Penyelamatan Gemilang Paco Sedano
Kiper futsal terbaik dunia 2017, Francisco Sedano Antolin atau biasa dikenal Paco Sedano memutuskan pensiun di akhir musim 2018 ini.Keputusan tersebut ia umumkan saat konferensi pers jelang pertandingan ketiga babak final Liga Futsal Spanyol 2018 antara Inter Movistar melawan timnya, Barcelona Lassa pada Rabu (13/6/2018) kemarin.Paco membela Barcelona selama 10 musim hingga memutuskan pensiun di 2018 ini. Berbagai gelar juara telah ia raih, baik level domestik maupun internasional bersama Barcelona.[suggestedarticle=3]Berikut video aksi gemilang penyelamatan Paco Sedano.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]   Salah satu turnamen futsal tertua di Asia, Al Roudan Tournamet yang digelar di Kuwait, belum berhenti mendatangkan bintang dan legenda sepakbola untuk menarik perhatian penonton. Pada laga Sabtu (9/6), laga eksebisi futsal turnamen yang digelar sejak 1979 ini mendatangkan salah satu legenda sepakbola Brazil dan AC Milan, Ricardo Kaka. Selain menciptakan beberapa umpan berkelas, Kaka juga mencetak satu gol dan satu assist di laga eksebisi tersebut. Keren juga nih Kaka main futsalnya. #Kaka #Futsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 10, 2018 at 2:19am PDT
  720 kali
Paco Sedano, Kiper Futsal Terbaik Dunia Kelahiran Madrid yang Berjaya Bersama Barcelona
Kiper futsal terbaik dunia 2017, Francisco Sedano Antolin atau biasa dikenal Paco Sedano memutuskan pensiun di akhir musim 2018 ini.Keputusan tersebut ia umumkan saat konferensi pers jelang pertandingan ketiga babak final Liga Futsal Spanyol 2018 antara Inter Movistar melawan timnya, Barcelona Lassa pada Rabu (13/6/2018) kemarin.Siapa sangka, Paco yang kelahiran Madrid, 2 Desember 1979 ini malah bersinar bersama tim asal Barcelona. Memulai karirnya di Autos Garcia-Coslada, dirinya kemudian pindah ke PSG Mostoles di musim 1999-2000. Tapi, dirinya mulai bersinar saat membela Barcelona sejak musim 2007/2008.[suggestedarticle=3]Paco membela Barcelona selama 10 musim hingga memutuskan pensiun di 2018 ini. Berbagai gelar juara telah ia raih, baik level domestik maupun internasional bersama Barcelona.Tidak hanya level klub, dirinya juga menjadi bagian bersejarah dari generasi emas Timnas Futsal Spanyol yang meraih gelar juara Piala Futsal Eropa dan juga Piala Dunia Futsal.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Biodata Paco SedanoNama lengkap: Francisco Sedano AntolinTempat tanggal lahir: Madrid, 2 Desember 1979Posisi: KiperKarir klub:1998-1999 Auto Garcia-COslada1999-2000 PSG Mostoles2001-2018 Barcelona LassaPrestasi klub:Juara Liga Futsal Spanyol 2011, 2012, 2013 (Barcelona Lassa)Juara Piala Futsal Spanyol 2011, 2012, 2013 (Barcelona Lassa)Juara UEFA Futsal Cup 2011 (Barcelona Lassa)Prestasi internasional (Timnas Futsal Spanyol)Juara Piala Dunia Futsal 2004Juara UEFA Futsal Euro 2005, 2016   Salah satu turnamen futsal tertua di Asia, Al Roudan Tournamet yang digelar di Kuwait, belum berhenti mendatangkan bintang dan legenda sepakbola untuk menarik perhatian penonton. Pada laga Sabtu (9/6), laga eksebisi futsal turnamen yang digelar sejak 1979 ini mendatangkan salah satu legenda sepakbola Brazil dan AC Milan, Ricardo Kaka. Selain menciptakan beberapa umpan berkelas, Kaka juga mencetak satu gol dan satu assist di laga eksebisi tersebut. Keren juga nih Kaka main futsalnya. #Kaka #Futsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 10, 2018 at 2:19am PDT
  830 kali
Hasil dan Jadwal Leg Ketiga Final Liga Futsal Spanyol Musim 2017/2019
Inter Movistar tampil gemilang di dua leg pertama final Liga Futsal Spanyol musim 2017/2018 yang digelar pada 7 dan 9 Juni di kandangnya, Arena Jorge Garbajosa, Madrid dengan mengalahkan Barcelona Lassa.Di leg pertama, Inter tampil efektif dan berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-2. Di laga kedua meski harus susah payah, mereka berhasil membuka keran gol di menit akhir dan menang dengan skor yang sama.Hasil ini membuat Barca haram kalah di leg ketiga yang digelar pada 15 Juni mendatang di Palau Blaugrana, markas mereka.Berikut jadwal laga Liga Futsal Spanyol 2018/2019:Jumat, 8 Juni 2018 - 02.00 WIB - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar 4-2 Barcelona LassaSabtu, 9 Juni 2018 - 18.30 WIB - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar 4-2 Barcelona Lassa[suggestedarticle=3]Jumat, 15 Juni 2018 - 02.15 WIB - Arena Palau BlaugranaBarcelona Lassa vs Inter MovistarMinggu, 17 Juni 2018 - 00.15 WIB - Arena Palau BlaugranaBarcelona Lassa vs Inter MovistarRabu, 20 Juni 2018 - 02.30 - Arena Jorge GarbajosaInter Movistar vs Barcelona Lassa
  548 kali
Video Highlights Leg Kedua Final Liga Futsal Spanyol 2018/2019: Inter Movistar vs Barcelona Lassa
Inter Movistar kembali mengalahkan tim tamu Barcelona Lassa dalam leg kedua final Liga Futsal Spanyol 2017/2019 yang digelar pada Sabtu (9/6) di Arena Jorge Garbajosa, Madrid.Skor 4-2 menutup leg kedua dan membawa Inter Movistar di atas angin dengan unggul dua kemenangan. Mereka tidak boleh kalah lagi di tiga laga jika tidak ingin kembali gagal meraih gelar juara. 📺⚽ @InterMovistar se impone al @FCBfutbolsala y se queda a un paso del título (4-2)#FinalLNFS #FutsalHeart💙 pic.twitter.com/ky8AtzYCsM — LNFS (@LNFS89) June 9, 2018 Pencetak gol:0-1, Ferrao (min 19). 1-1, Gadeia (min 20). 2-1, Aicardo, en pròpia (min 34). 3-1, Ricardinho (min 38). 4-1, Pola (min 39). 4-2, Esquerdinha (min 40).
  970 kali
Diwarnai Gol Bunuh Diri Konyol, Inter Kembali Taklukan Barcelona di Leg Kedua Final
Inter Movistar kembali mengalahkan tim tamu Barcelona Lassa dalam leg kedua final Liga Futsal Spanyol 2017/2018 yang digelar pada Sabtu (9/6) di Arena Jorge Garbajosa, Madrid.Sebenarnya laga sendiri berlangsung cukup seru dan lebih ketat dari leg pertama di dua hari sebelumnya. Barcelona yang mengandalkan sang pivot, Ferrao, tampil cukup impresif dan tak mau mengulang kesalahan di pertandingan pertama.Barca bahkan berhasil unggul di menit ke-19 lewat gol penalti Ferrao. Namun beberapa detik jelang laga babak pertama berakhir sepakan second penalty Gadeia menutup skor 1-1 di paruh awal.[suggestedarticle=3]Di babak kedua, laga kembali berlangsung ketat. Konsentrasi tak boleh hilang agar tidak kecolongan. Namun sayang, performa apik Barca harus kecolongan lewat gol bunuh diri konyol Aicardo yang kurang berkordinasi dengan kiper Paco Sedano.Gol ini bagai meruntuhkan mental skuat Barca. Skema powerplay yang diterapkannya di menit akhir tak banyak membantu. Justru mereka kembali kecolongan di menit 38 lewat gol Ricardinho dan Pola satu menit kemudian. Barca memperkecil ketinggalan lewat gol Esquerdinha di menit 40.Skor 4-2 menutup leg kedua dan membawa Inter Movistar di atas angin dengan unggul dua kemenangan. Mereka tidak boleh kalah lagi di tiga laga jika tidak ingin kembali gagal meraih gelar juara.
  813 kali
1528559537151 tag