(Foto: Ilustrasi laga pembukaan Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Arab Saudi, di Moskwa, Kamis (14/6/2018). Foto: AFP)

Rekor-rekor yang Tercipta pada Rusia 5-0 Arab Saudi

Kesebelasan nasional Rusia menang 4-0 atas Arab Saudi, pada laga perdana Piala Dunia, di Moskwa, Kamis (14/6/2018). Dengan begitu, Rusia menjaga tuah bahwa tuan rumah tak pernah kalah pada laga pembuka Piala Dunia.

Gol Rusia dicetak oleh Yuri Gazinsky (12'), Denis Cheryshev (43', 90'), dan Artem Zfyuba (71'), dan Aleksandr Golovin (90'). Untuk Cheryshev, ia bermain sebagai pengganti Alan Dzagoev yang ditarik karena cedera pada menit ke-25.



Sepanjang laga, menurut catatan FIFA, Rusia melepaskan tujuh tembakan akurat dari 13 usaha, dengan penguasaan bola 40 persen. Adapun Arab Saudi melepaskan enam tembakan tanpa satu pun mengarah tepat ke sasaran.

Seiring berakhirnya laga, sejumlah rekor pun tercatat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kemenangan Rusia 5-0 atas Arab Saudi adalah rekor kemenangan terbesar kedua yang diciptakan tuan rumah pada laga pembuka Piala Dunia. Rekor kemenangan terbesar yang dicetak tuan rumah pada laga pembuka adalah 7-1 yang diraih Italia pada laga melawan Amerika Serikat pada 1934.

2. Ini adalah kali kedua Rusia mencetak tiga gol atau lebih pada pertandingan Piala Dunia, sejak menang 6-1 atas Kamerun pada 1994.

3. Artem Dzyuba mencetak gol 89 detik setelah masuk menggantikan Fedor Smolov pada menit ke-70. Ini adalah rekor gol tercepat kedua yang dicetak seorang pemain pengganti. Rekor sebelumnya dipegang Marcin Zewlakow, yang tercipta pada laga Polandia vs Amerika Serikat pada 2002 (64 detik).

4. Denis Cheryshev adalah pemain pengganti pertama yang mencetak gol pada laga pembuka Piala Dunia. Pada laga Rusia vs Arab Saudi itu, Cheryshev masuk menggantikan Alan Dzagoev pada menit ke-24.

5. Yuri Gazinskiy adalah pemain pertama yang mencetak gol dengan tembakan akurat pertama, setelah Philipp Lahm pada 2006.

6. Sergei Ignashevich adalah pemain tertua dalam sejarah Rusia di Piala Dunia. Rekor pemain tertua yang tampil pada Piala Dunia dipegang Roger Milla, yang bermain pada usia 42 tahun pada Piala Dunia 1994.

7. Dengan kemenangan Rusia atas Arab Saudi, sejarah tuan rumah tidak pernah kalah pada laga pembuka Piala Dunia terjaga.

8. Masih harus ditunggu apakah Rusia akan lolos dari fase grup. Sepanjang sejarah Piala Dunia, tidak ada tuan rumah yang gagal lolos dari fase pertama, kecuali Afrika Selatan pada 2010.

Lihat juga

Anda jago pengetahuan Sepakbola Dunia? Ikut yuk kuis ini berisi tebak-tebakan pertandingan Pesta Bola di Rusia.

Dengan menebak pemenang dan menebak siapa yang bermain, kamu bisa bawa pulang Hadiah utama Motor Honda Vixion setelah Pesta Bola Selesai!

Ayo Uji Naluri Kamu di Takatik Bola dan mainkan Takatik Bola dengan klik gambar dibawah ini!

Takatik Bola Selengkapnya  

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Prediksi Nigeria vs Islandia: Dua Tim Incar Kemenangan untuk Buat Sejarah Baru
Satu tiket lolos ke babak 16 besar dari Grup C sudah dimiliki oleh Kroasia, usai mereka menang 3-0 dari Argentina.Di laga lain akan tersaji duel antara Nigeria melawan Islandia, dimana hasil partai ini akan menentukan perjalanan mereka di Rusia. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Volgograd Arena, Jumat (22/6/2018) pada pukul 22.00 WIB.Islandia sukses menahan imbang Argentina 1-1 pada partai pertama Piala Dunia 2018 menjadi modal berharga untuk pasukan Heimir Hallgrimsson tersebut.[suggestedarticle=3]Sedangkan Nigeria menyerah 0-2 dari Kroasia. Kemenangan dibutuhkan kedua tim untuk menjaga peluang mereka lolos dari grup C."Kami fokus. Kami siap. Kami ingin menang," kata kapten John Obi Mikel. "Kami tahu kalau kami butuh kemenangan lawan Islandia untuk bertahan di turnamen ini, dan kami melakukan segalanya dalam latihan demi mewujudkannya."Islandia sendiri menargetkan kemenangan melawan tim dari Afrika itu, dimana status underdog membuat mereka lebih leluasa dalam bermain tanpa tekanan.Prediksi susunan pemain:Nigeria (4-3-3): Francis Uzoho; Abdullahi Shehu, William Troost-Ekong, Leon Balogun, Brian Idowu; Wilfred Ndidi, John Obi Mikel, Oghenekaro Etebo; Victor Moses, Odion Ighalo, Alex Iwobi.Pelatih: Gernot Rohr.Islandia (4-2-3-1): Hannes Halldorsson; Birkir Saevarsson, Kari Arnason, Ragnar Sigurdsson, Hordor Magnusson; Emil Hallfredsson, Aron Gunnarsson; Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason, Rurik Gislason; Alfred Finnbogason.Pelatih: Heimir Hallgrimsson.Kabar tim: Leon Balogun tak mengalami cedera saat kalah 0-2 dari Kroasia dan bakal jadi starter di laga ini. Gernot Rohr bisa memainkan susunan pemain yang sama saat kalah dari Kroasia. Johann Berg Gudmundsson absen karena cedera betis dan Rurik Gislason bakal mengisi posisinya Kecuali Gudmundsson, Islandia akan memainkan semua pemain yang sama saat menahan Argentina Prediksi skor:Laga akan berjalan ketat dimana kedua tim memiliki agresivitas yang hampir sama. Apalagi baik Islandia dan Nigeria sama-sama mengincar kemenangan dalam laga ini.Islandia bisa memanfaatkan transisi permainan Nigeria yang buruk seperti saat kalah melawan Islandia. Jika unggul lebih dulu Islandia bisa lebih nyaman dalam membangun serangan. Bola mati juga menjadi kunci sukses Islandia dalam mencetak gol.Bolalob memprediksi Islandia akan memenangi laga ini dengan skor 2-0.
Susunan Pemain Brasil Vs Kosta Rika, Neymar Kembali Jadi Andalan
Brasil kembali menurunkan Neymar sejak menit awal pada laga melawan Kosta Rika di Stadion St. Petersburg, Jumat (22/6). Brasil dipastikan akan tampil menyerang untuk bisa meraih tiga poin melawan Kosta Rika.Brasil dan Kosta Rika berjumpa pada lanjutan laga Grup E Piala Dunia 2018. Pada laga pertama Brasil hanya mampu meraih satu poin saat menghadapi Swiss. Kini melawan Kosta Rika, Brasil kembali menurunkan sejumlah pemain andalan mereka seperti Neymar, Philippe Coutinho dan Gabriel Jesus.[suggestedarticle=3]Kosta Rika juga tidak banyak melakukan perubahan di susunan pemain dengan mengandalkan Keylor Navas di bawah mistar gawng dan Bryan Oviedo di lini tengah.Brasil sejauh ini baru mengoleksi satu poin sedangkan Kosta Rika belum meraih poin usai kalah dari Serbia pada laga pertama.[pagebreak]Susunan Pemain[/pagebreak]Susunan Pemain:Brasil: Allison Becker; Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Fagner, Casemiro, Philippe Coutinho, Paulinho, Willian, Gabriel Jesus, NeymarKosta Rika:Keylor Navas; J. Acosta, G. Gonzales, O. Duarte, B. Oviedo, C. Gamboa, C. Borges, Bryan, D. Guzman, J. Venegas, M. Urena
Lionel Messi Dkk Minta, Pelatih Tak Mendampingi Lagi Saat Argentina Hadapi Nigeria
Usai kalah memalukan atas Kroasia 0-3, para pemain Argentina berkumpul lalu menurut keterangan koran setempat, mereka meminta pelatih Jorge Sampaoli tak mendampinginya saat Argentina melawan Nigeria.Lionel Messi dan kawan-kawan meminta agar Jorge Burruchaga menjadi pelatih sementara menggantikan Sampaoli untuk pertandingan berikutnya.Sementara Federasi Sepak Bola Argentina belum menjatuhkan keputusan soal posisi Sampaoli. Pasalnya, jika mereka yang memecat maka harus membayar kompensasi sebesar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 281 miliar, karena memerhentikan mantan pelatih Sevilla itu di tengah kontrak.[suggestedarticle=3]Kini, karena yang mengusulkan adalah pemain, maka aturan tersebut tak bisa diberlakukan.Sampaoli sempat mengatakan, kekalahan ini karena para pemain Argentina tidak solid dan kehilangan semangat. Komentar tersebut mendapat sambutan panas dari Sergio Aguero. "Terserah apa yang ia mau katakan," tulis Aguero dalam akun twitternya.Sementara dari kekalahan itu, praktis untuk lolos ke babak 16 Besar bagi Argentina peluangnya sangat tipis. Mereka harus menang besar pada pertandingan terakhir melawan Nigeria. Sementara Nigeria sendiri punya peluang lolos dari Grup E, mendampingi Kroasia sebagai tim pertama yang lolos dari Grup E. Coach Jorge Sampaoli said the #ARG "players did not adapt" and "the project failed."Sergio Aguero's response when asked about those comments: "Let him say what he wants." 🔥 pic.twitter.com/jZjkeCzzXX — City Watch (@City_Watch) June 21, 2018
Ini Alasan Nama Pemain Islandia Memiliki Akhiran 'Son'
Hampir semua skuad Islandia yang tampil di Piala Dunia memiliki akhiran 'son' dalam nama mereka. Imbuhan son dalam nama para pemain Islandia menunjukkan sebagai anak laki-laki.Islandia kembali memberikan kejutan di Piala Dunia 2018 setelah mampu menahan imbang salah satu tim kuat Argentina. Pada laga tersebut, kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson bahkan sukses menahan tembakan penalti dari Lionel Messi.[suggestedarticle=3]Banyak yang bertanya tentang nama unik yang dimiliki para pemain Islandia yang berakhiran dengan kata son. Berbeda dengan negara Eropa lain yang menggunakan nama orang tua langsun, jika di Islandia, nama orang tua ditambah imbuhan son untuk menunjukkan dia sebagai anak laki-laki.Sebagai contoh, pemain andalan Islandia, Gylfi Sigurdsson memiliki nama Gylfi dan nama belakangnya berasal dari sang ayah yang bernama Sigurdur Adalsteinsson. Sedikit berbeda jika seseorang memiliki anak perempuan. Di belakang nama mereka akan ditambah imbuhan dottir bukan son.[pagebreak]Lihat Juga[/pagebreak]
Satu Juta Penonton Telah Hadir di Stadion Selama Piala Dunia 2018
FIFA memastikan Piala Dunia 2018 sudah dihadiri oleh lebih dari satu juta suporter hingga pertandingan ke-21. Rata-rata setiap pertandingan dipenuhi oleh 97 persen dari total kapasitas stadion.Hingga pertandingan Grup C antara Denmark dan Austaralia, FIFA memastikan penonton yang hadir di stadion sudah mencapai satu juta. Kehadiran di stadion dalam setiap laga juga bisa dikatakan cukup tinggi.[suggestedarticle=3]"Hingga saat ini, lebih dari 2,6 juta tiket telah dialokasikan untuk fans sepak bola di seluruh dunia, dengan tiket yang terjual hingga 15 Juli," tulis pernyataan resmi FIFA."Rata-rata, okunpansi stadion di Piala Dunia mencapai 97 persen dan lebih 70 ribu tiket sudah kembali dijual."Satu-satunya laga yang sepi penonton adalah saat partai Uruguay melawan Mesir di Ekaterinburg, dimana 6000 tiket yang telah dialokasikan tidak digunakan.[pagebreak]Lihat Juga[/pagebreak]
Sebelum Lakukan Blunder, Willy Caballero Sudah Tunjukan Hal Aneh Ini
Argentina berada di ujung tanduk usai menelan kekalahan 0-3 dari Kroasia di laga kedua Grup C Piala Dunia 2018 pada Kamis (21/6) malam.Kroasia membuka keunggulan pada menit ke-57 melalui Ante Rebic, memanfaatkan blunder fatal dari kiper Willy Caballero.Kiper Manchester City itu salah dalam membuang bola hasil operan dari bek Gabriel Mercado, dan dengan mudah bisa diambil oleh Rebic untuk sebuah gol indah.[suggestedarticle=3]Uniknya sebelum laga ini Caballero melakukan tindakan yang berbeda daripada rekannya yang lain. Tepatnya pada saat menyanyikan lagu kebangsaan sebelum kickoff.[pagebreak]Sama seperti Ronaldo[/pagebreak]Hanya Caballero yang berdiri mengarah ke bendera Argentina saat lagu kebangsaan diputar. #ARGxISL Argentina's Caballero?????? not reliable during play, not reliable during the anthem #WorldCup pic.twitter.com/PTW5IXPEeH — MessiDa?? (@N_dod_A) June 16, 2018 Sontak gaya Caballero pun menjadi bulan-bulanan di media sosial. Caballero is so bad his positioning is even out at the anthems...#WorldCup #ARGISL pic.twitter.com/gRvcVRX7O2 — Frazer Low (@FrzrLw) June 16, 2018 Caballero being an absolute hero #WorldCup18 #worldcup #ARGICE #football pic.twitter.com/ob6WlnHl82 — Joe Walsh (@TheJoeWalsh) June 16, 2018 Ternyata tak hanya Caballero yang melakukan tindakan serupa, pemain Portugal Cristiano Ronaldo juga berlaku sama. Ia memilih untuk menghadap bendera Portugal ketimbang berpose menghadap ke arah yang tribun penonton.Namun nasib kedua pemain berkata lain, Ronaldo mampu mencetak hattrick saat melawan Spanyol dan juga satu gol ke gawang Maroko. Sedangkan Caballero justru melakukan blunder dan kebobolan tiga gol.Caballero sendiri mejadi kiper utama Argentina, usai Sergio Romero gagal berangkat karena mendapat cedera dalam masa persiapan.
FIFA Komentari Kabar Wasit Minta Jersey Cristiano Ronaldo
Kabar beredar bahwa wasit Mark Geiger meminta jersey Cristiano Ronaldo pada jeda laga Portugal kontra Maroko, Rabu (20/6). Namun FIFA dengan tegas membantah hal tersebut.Tudingan ini dilempar oleh penggawa Maroko, Nordin Amrabat. Ia mengklaim wasit meminta jersey Ronaldo saat jeda babak pertama.[suggestedarticle=3]"Pernyataan tentang pertandingan Grup B antara Portugal dan Maroko sangat disayangkan dan mengecewakan. FIFA menerima laporan wasit Mark Geiger meminta jersey kapten timnas Portugal saat jeda. Geiger dengan tegas menolak tuduhan tersebut," tulis FIFA."FIFA mengetahui tuduhan tersebut dibuat oleh pemain timnas Maroko. Para wasit FIFA berada di bawah instruksi jelas tentang cara bersikap dan membangun hubungan dengan setiap tim pada Piala Dunia 2018."[pagebreak]Fair Play[/pagebreak]"Kami dapat mengonfirmasi Geiger telah bekerja dengan kesungguhan dan sangat profesional selama ditunjuk menjadi ofisial pertandingan. FIFA mengingatkan tim yang berpartisipasi di Piala Dunia 2018 untuk menghormati fair play," tegas FIFA dalam pernyataannya.Pertandingan Portugal kontra Maroko berakhir dengan skor 1-0. Kemenangan Portugal ditentukan oleh gol tunggal Ronaldo.
Islandia Harus Hadapi Nigeria dan Cuaca Panas Volgograd
Para pemain Islandia yang terbiasa dengan hidup di udara dingin, harus berjuang menghadapi dua lawan pada pertandingan kedua Grup D Piala Dunia 2018, yakni tim Nigeria dan cuaca panas di Volgograd Arena, Jumat (22/6/2018).Sebelumnya, Islandia yang baru kali pertama lolos ke putaran final Piala Dunia, secara mengesankan mampu menahan imbang juara dunia dua kali Argentina pada akhir pekan lalu.Islandia memimpikan melaju ke babak sistem gugur dan menulis sejarah baru dalam salah satu kisah sepak bola internasional mereka yang paling luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.[suggestedarticle=3]Dalam perjalanan mewujudkan impian, mereka tidak hanya menghadapi Nigeria, yang putus asa untuk menang setelah kalah dalam pertandingan pembukaan 2-0 melawan Kroasia, tetapi mereka juga dihadapkan tantangan untuk mengatasi suhu udara yang terasa membakar di kota selatan Rusia itu.Ramalan cuaca memprediksi suhu udara 32 derajat Celcius (90 derajat Fahrenhiet) pada waktu kick-off Jumat, 10 derajat lebih panas daripada saat Islandia meraih hasil imbang 1-1 dengan Argentina pada Sabtu.[pagebreak]Bantuan Dokter[/pagebreak]"Tentu saja kami sudah membicarakannya," kata asisten pelatih Helge Kolvidsson kepada wartawan di kamp pelatihan mereka di Gelendzhik, sebelum Islandia melakukan perjalanan ke Volgograd."Kami punya dokter dan kami berusaha mempersiapkan sebaik yang kami bisa, jika itu akan membantu dengan vitamin atau hal semacam itu. Tapi masalah itu akan sama untuk kedua tim," tutur Kolvidsson.Islandia, yang menampilkan banyak pemain yang berbasis di klub-klub negara-negara Eropa utara, memilih sebuah resor dekat Sochi, di pantai Laut Hitam Rusia yang panas, untuk membantu aklimatisasi pemain mereka.Kolvidsson mengatakan, para pemain sangat memperhatikan pengalaman panjang Nigeria di pentas sepak bola dunia. "Mereka sudah berada di putaran final Piala Dunia lima kali, tiga kali mereka melaju ke babak berikutnya," katanya. "Kami di sini untuk pertama kalinya."
Piala Dunia 2018: Data dan Fakta Brasil VS Kosta Rika
Brasil dan Kosta Rika masih mencari kemenangan perdana dalam Piala Dunia tahun ini. Kedua tim akan bertemu di Saint-Petersburg pada Jumat (22/6).Pada pertandingan perdana, Brasil imbang 1-1 melawan Swiss. Sementara itu Kosta Rika takluk 0-1 saat berhadapan kontra Serbia.[suggestedarticle=3]Kemenangan menjadi target kedua tim dalam laga ini. Dimana tiga poin akan membuka peluang melaju ke babak 16 besar.Jelang pertandingan berikut data dan fakta yang dihimpun Bolalob terkait laga Brasil VS Kosta Rika:[pagebreak]Data dan Fakta[/pagebreak]1. Brasil merupakan pemegang gelar juara Piala Dunia terbanyak dengan total lima kali. Sementara itu prestasi terbaik Kosta Rika di Piala Dunia adalah dengan melaju ke perempat final di tahun 2014.2. Di dalam skuat Brasil, Neymar menjadi pemain paling berpengalaman dengan total 86 caps. Di kubu Kosta Rika ada Celso Borges dengan 112 caps.3. Neymar juga menjadi pemain paling subur di skuat Brasil dengan 55 gol. Sementara di Kosta Rika ada Bryan Ruiz dengan total 24 gol.4. Kosta Rika saat ini berada di dasar klasemen Grup E dengan 0 poin. Sementara Brasil di peringkat kedua dengan satu poin.5. Kedua tim terakhir kali bertemu dalam laga uji coba di tahun 2015. Kala itu Brasil menang 1-0 berkat gol tunggal Hulk.
Ini Kondisi Neymar Jelang Brasil Lawan Kosta Rika
Bintang muda Brasil, Neymar sempat tak ikut latihan Selasa (19/6/2018) karena cedera matatarsalnya kambuh. Namun, sehari jelang menghadapi Kosta Rika di Stadion Kretovsky, Jumat (22/6/2018), ia ikut berlatih, bahkan dinyatakan fit.Brasil yang ditahan Swiss 1-1 pada pertandingan pertama Grup E, harus memenangkan pertandingan keduanya jika ingin lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018.Jelang menghadapi Kosta Rika, Brasil memiliki sesi latihan tertutup sejak Rabu, dua hari sebelum pertandingan melawan Kosta Rika di St Petersburg. Tapi Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), memposting foto dan video Neymar beraksi dalam pelatihan dengan anggota skuat lainnya.[suggestedarticle=3]"Brasil berlatih dan Neymar berpartisipasi secara normal dalam kegiatan tim," tulis CBF pada sebuah posting Twitternya."Neymar berlatih sepanjang hari. Dia menunjukkan kepercayaan diri dan berpartisipasi aktif selama seluruh sesi latihan."CBF kemudian memposting video Neymar, di mana ia mengatakan, "Saya terlatih dengan baik, merasa nyaman. Kaki saya baik-baik saja."Media Brasil sudah berspekulasi bahwa Brasil bisa menyembunyikan kondisi nyata Neymar, setelah dia tidak bisa menyelesaikan latihan pada hari Selasa. Dia tampak kesakitan saat berjalan dari lapangan ditemani oleh dokter tim.Dia telah bermain-main dengan beberapa pemain lain ketika dia mulai menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, dan tiba-tiba Neymar membungkuk memegang-megang kaki kanannya. Dia mencoba untuk terus bermain tetapi beberapa saat kemudian memutuskan untuk pergi, menendang bola dengan kaki kirinya sebelum tertatih-tatih pergi.Menurut CBF, apa yang dilakukan Neymar meninggalkan sesi latihan, hanya sebagai tindakan pencegahan karena dia kesakitan sejak hasil imbang 1-1 tim melawan Swiss pada hari Minggu. Ketika itu, Neymar sempat diganjal pemain lawan.Kini, Neymar telah dikonformasi siap menghadapi Kosta Rika.
1529656801717 tag