Survei Nielsen Sports: Bukan Brazil, UEA Jadi Negara Paling Gila Sepak Bola


  •    Syukron Achmad
  •    16/06/18 - 13:30
  •    678

(IDN times)

Prestasi sebuah timnas sepak bola ternyata tidak berbanding lurus dengan kegilaan penduduk negara tersebut terhadap sepak bola. Baru-baru ini Nielsen Sports dalam surveinya di 30 negara, ternyata bukan penduduk Brazil, Italia, Inggris, atau Spanyol yang paling gila bola.

Uni Emirat Arab berada di posisi pertama dengan rata-rata 80 persen penduduknya menyukai sepak bola. Setelahnya ada Thailand (78 persen), kemudian Chile, Portugal, dan Turki (75 persen). Padahal lima negara tersbeut sekalipun belum pernah juara Piala Dunia.



Sementara Brasil hanya berada di peringkat ke-13 dengan 60 persen. Angka tersebut turun dari persentase terdahulu yang berjumlah 72 persen. padahal Brasil telah mencatatkan lima kali sebagai juara Piala Dunia.

Namun, Nielsen Sports mencatat, sikap warga brasil terhadap sepak bola memang fluktuatif. Penurunan kecintaan warga Brasil terhadap sepak bola diyakini akibat kekalahan memalukan atas jerman 7-1 di Piala Dunia 2014.

Selanjutnya, kesukaan warga Brasil akan sebuah pertandingan sepak bola juga dipengaruhi fase yang sedang dimainkan. Seumpa laga penting, seperti final antusias warga tinggi tapi tidak untuk laga-laga lain.




halaman 2 dari 2
Terjadi peningkatan minat terhadap sepak bola di China Selengkapnya  

Laporan lain mengatakan, terjadi peningkatan minat terhadap sepak bola bagi warga China. Jika pada 2013 hanya berjumlah 27 persen, kini jumlahnya mencapai 32 persen. Sedangkan India hanya 45 persen lantaran di negeri Bollywood itu criket menjadi oleh raga favorit. Hal yang sama juga ditunjukkan warga Amerika Serikat yang hanya 32 persen. Mengingat Football Amerika dan NBA menjadi olahraga paling mashur.

Sementara Inggris yang kompetisi Premier League-nya sangat mendunia hanya berada di posisi ke-17 dengan 51 persen.

Sedangkan untuk urusan pengikut di media sosial, bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo menjadi yang paling subur. Ronaldo memiliki interaksi sebanyak 570 juta kali di Facebook, Twitter, dan Instagram. Sedangkan Neymar hanya 294 juta, dan Messi 201 juta.

Pemain kontroversial Real Madrid Sergio Ramos di posisi keempat dengan 158 juta dan pemain Liverpool dan Mesir Mohamed Salah kelima dengan 105,3 juta.

"Berbagai faktor yang lebih luas berperan, seperti kemampuan memproyeksikan kepribadian yang menyenangkan atau gaya hidup yang patut ditiru," kata laporan itu.

Dalam hal pengikut media sosial, Ronaldo juga memimpin dengan 322,8 juta di Twitter, Instagram dan Facebook. Sementara Neymar memiliki 194,2 juta dan Messi 181,9 juta.








Berita Terkait


1532247993924

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?