Tekuk Malaysia, Timnas Indonesia Jumpa Thailand di Final Piala AFF U-16 2018


  •    Tjatur Wiharyo
  •    09/08/18 - 20:46
  •    16040

(Ilustrasi TImnas Indonesia U-16 vs Malaysia. /Bolalob)

Timnas Indonesia U-16 melaju ke final Piala AFF U-16 setelah menang 1-0 atas Malaysia, di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018). Indonesia akan bertemu Thailand, pada final yang akan berlangsung di Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh tembakan Bagus Kahfi dari titik penalti, pada menit ke-72. Bagus menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang yang gagal diantisipasi kiper Malaysia Abdul Alim.

Penalti berawal dari pergerakan dengan bola M Supriadi di kotak penalti. Abdul Alim berusaha mengantisipasi pergerakan Supriadi, tetapi malah dinilai melanggar Supriadi.




Pertandingan berlangsung cukup terbuka. Kedua kubu sama-sama ngotot dan berusaha mengalirkan bola ke depan setiap menguasai bola. Meski begitu, Indonesia mampu mendominasi permainan.

Ketika diserang, Timnas Indonesia U-16 bisa cepat merebut bola dan kemudian mengalirkan serangan, antara lain melalui Bagus Kahfi, Fajar Fathur, dan David Maulana, dan Supriadi. Sejumlah peluang pun tercipta, tetapi penyelesaian akhir yang kurang terukur membuat peluang-peluang itu tidak membuahkan gol.

Pada menit ke-13 dan ke-27, misalnya, Andre Oktaviansyah dan David Maulana mencoba memecah kebuntuan. Namun, tembakan keduanya tidak membuahkan gol.

Dari sejumlah peluang, peluang terbaik Indonesia diciptakan M Supriadi pada menit ke-31. Dari jarak dekat, Supriadi melepaskan tembakan yang mengenai tiang gawang Malaysia.

Sementara itu, Malaysia memiliki peluang pada menit ke-16. Seorang pemain Malaysia yang berada di depan gawang Indonesia yang lepas dari pengawalan menembakkan bola hasil lemparan ke dalam. Namun, tembakannya meleset.

Indonesia memulai babak kedua dengan melancarkan tiga serangan beruntun. Usaha mereka membuahkan peluang, tetapi juga tidak menjadi gol.

Tembakan Yudha pada menit ke-41, misalnya, tidak diantisipasi sempurna oleh kiper Malaysia. Bola yang luput itu kemudian dibuang seorang pemain lawan.

Pada menit ke-44, Sutan Zico melepaskan tembakan jarak jauh. Tembakannya akurat, tetapi kiper Malaysia bisa menjinakkannya.

Setelahnya, Malaysia tampak bermain semakin defensif. Anak-anak didik Fakhri Husaini berusaha mempertahankan tekanan, tetapi umpan final dan penyelesaian akhir mereka sering kandas.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-16 terus bermain menyerang hingga akhirnya mendapatkan gol dari Bagus Kahfi.

Setelahnya, Timnas Indonesia U-16 terus bermain untuk mencetak gol. Namun, skor 1-0 tak berubah hingga peluit berbunyi panjang.

Starting XI
Indonesia: Ernando; Bagas Kaffa, Yudha Febrian, Fadillah Nur Rahman, Komang Teguh; Fathur Rachman, Brulian, Supriadi, Andri Oktaviansyah, David Maulana; Bagus Kahfi

Cadangan: Ahlud Dzkri, Risky, Amanar Abdillah, Diego Zico, Rendy Juliansyah, Dandi Maulana, Mulyadi, Reza Fauzan, Salman Alfarid, Hamsa Medari, Talaouhu, Kartika Vedhayanto.

Malaysia: Abdul Alim; Alias Alan, Ali Imran, Dinesh Baskaran, Izzul Adham; Ikhwan Mohd Hafizo, Alief Daniel, Marwan Abdul Rahman, Syafique Syazwan; Harith Naem Jaineh

Cadangan: Syahmi Adim, Hafizy, Aznil Hafiz Azhar, Amirul Ashrafiq, Syukur Fariz, Daniel Amal, Arif Aiman, Asman Asrul, Azian, Danish Ishak
Terakhir diubah:  10/08/18 - 05:33







Berita Terkait


1541407875959

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?