Untuk Pertama Kalinya, VAR Bakal Digunakan di Pertandingan Futsal


  •    Rissalah Maulana
  •    07/09/18 - 11:25
  •    4485

(istimewa)

Meski sudah populer di sepakbola, penggunaan Video Asisstant Referee (VAR) baru akan dijajaki di olahraga futsal.

Ya, untuk pertama kalinya, penggunaan video untuk menentukan keputusan wasit bakal digunakan dalam futsal, tepatnya di final Supercopa Futsal Spanyol pada Minggu (9/9) mendatang antara Inter Movistar melawan Jaen Paraiso Interior.

Penggunaan VAR ini sendiri dicetuskan oleh komisi wasit futsal Spanyol bekerjasama dengan pihak Liga Futsal Nasional Spanyol (LNFS). "Ini sesuatu yang menjadi keuntungan untuk wasit futsal. Pada akhirnya, kita ingin semua wasit adil. Namun situasi di futsal berbeda dengan sepakbola. Tanpa VAR, tak ada masalah teknis tentang pengambilan keputusan wasit," kata Pedro Galan, Presiden komite teknik wasit futsal.



halaman 2 dari 2
Selengkapnya Selengkapnya  


Nantinya dua layar bakal dipasang di meja timekeeper yang akan dijaga oleh satu wasit. Terdapat tiga situasi di mana VAR bakal digunakan di final supercopa yang telah disetujui oleh kedua tim:

- Situasi Gol / Tidak gol
- Benturan keras / permainan kasar
- Kesalahan pengambilan keputusan

Penggunaan ini masih dalam tahap ujicoba dan pihak LNFS dan komite wasit bakal mengevaluasi tentang kemungkinan perlu atau tidaknya digunakan di liga Spanyol.

Penggunaan VAR yang telah memasuki satu tahun di Sepakbola menimbulkan banyak kontroversi, tepatnya pada Piala Dunia 2018 lalu di mana banyak gol tercipta akibat pertimbangan keputusan wasit menggunakan VAR.


KOMPILASI GOL! Vamos Mataram - AFC Futsal Club Championship 2018

Terakhir diubah:  09/09/18 - 10:12







Berita Terkait


1530414601415

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?