Haringga Sirila Tewas, APPI Boikot Liga Indonesia


  •    Gerry Putra
  •    25/09/18 - 15:25
  •    27258

(Ilustrasi anggota APPI. /Gerry Putera @Bolalob.com)

Pendukung Persija Jakarta Haringga Sirila tewas akibat dikeroyok sejumlah oknum yang diduga suporter Persib Bandung. Peristiwa itu terjadi sebelum pertandingan Liga 1 antara Persib dan Persija, di Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018), sekitar pukul 13:00 WIB.

Insiden itu memunculkan polemik, mulai dari permintaan untuk menghentikan kompetisi, siapa yang harus bertanggung jawab, hingga bagaimana mencegah insiden serupa terulang.

Berkaitan dengan situasi tersebut, pesepak bola yang tergabung dalam Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) membuat pernyataan sikap, pada Selasa (25/9/2018). Berikut ini adalah poin-poin pernyataan sikap APPI tersebut.




1. Mengecam segala bentuk kekerasan yang terjadi, terlebih yang merenggut nyawa, yang seharusnya sepak bola menjadi olahraga yang menunjung tinggi sportivitas.

2. Meminta pihak kepolisian mengusut kasus ini hingga tuntas dengan memberikan hukuman sesuai hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan memberikan efek jera tidak hanya bagi pelaku, tetapi bagi seluruh suporter di Indonesia agar hal ini menjadi yang terakhir kalinya.

3. Mendesak kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT LIga Baru (LIB) untuk juga dapat memberikan hukuman yang adil yang dapat memberikan efek jera bagi pihak-pihak yang terkait dengan insiden ini dikarenakan insiden ini telah berulang kali terjadi, namun hukuman yang diberikan tidak memberikan dampak bagi pihak-pihak yang terkait tersebut.

4. Meminta kepada seluruh suporter Tim Liga 1 khususnya dan Tim Liga 2 untuk membuat Nota Damai atau kesepakatan bersama untuk memastikan insiden ini tidak terulang kembali, karena sepak bola Indonesia akan terancam jika insiden ini kembali berulang.

5. Nota Damai tersebut akan disinergikan dengan stake holder sepak bola Indonesia, yaitu PSSI, LIB, Kepolisian, dan juga pemerintah baik pusat maupun daerah.

6. Kami, pesepak bola yang tergabung di Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) dan mewakili dari tiap-tiap klub peserta Liga 1 tahun 2018 sebagai bentuk belasungkawa atas insiden yang terjadi dan juga sebagai bentuk desakan kepada suporter, kami sepakat untuk tidak bermain pada pekan ke-24 Liga 1 2018 hingga tercapainya Nota Damai Suporter tersebut.


Pulau Dewata Kecanduan Sepakbola! | City Of Football: Bali United








Berita Terkait


1542020402838

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?