PSSI Tanggapi Kritik Pedas Manajer Sriwijaya FC Tentang Pemanggilan Pemain ke Timnas


  •    Robert
  •    13/10/18 - 16:30
  •    6317

Robpat27/Bolalob

Pihak klub Sriwijaya FC mengklaim pihaknya seperti dirugikan dalam jeda internasional bulan ini, dimana tiga pemain mereka harus bergabung dengan timnas Indonesia.

Sriwijaya FC kehilangan hingga lima pemain di tim utama mereka, padahal jadwal Liga 1 terus bergulir hingga akhir tahun.

Jika Zulfiandi, Alberto Goncalves dan Esteban Viscarra harus bergabung dengan timnas senior, dua pemain muda yakni Syahrian Abimanyu dan Samuel Christianson Simanjuntak bergabung dengan timnas U-19 untuk ajang Piala Asia U-19 2018 bulan ini.




Manajemen tim Laskar Wong Kito melalui sang manajer mengatakan PSSI memanggil pada pemain dengan cara paksaan.

"Mereka (PSSI) langsung telepon, 'Hey, datang!' Kalau pemain sudah datang, baru suratnya muncul," kata Ucok.

"Mereka (PSSI) tidak mengancam ke kita, tapi ke pemain. Beto diancam. 'Kalau kamu umpamanya bermain hari ini'. Pemain kan takut, apalagi naturalisasi," jelasnya.

Ucok juga mengungkapkan PSSI tak punya andil dalam proses naturalisasi Beto dan Vizcarra.

"Jangan samakan (Stefano) Lilipaly dan (Ilija) Spasojevic. Mereka dibiayai oleh negara, oleh PSSI. Kalo (naturalisasi) Beto dan Vizcarra, PSSI tak tahu. Setelah jadi, baru, diakui ini orang kita," tutur dia. halaman 2 dari 2
Sesuai Regulasi FIFA Selengkapnya  
Masalah klasik ini pun ditanggapi oleh kepala hubungan media dan promosi digital PSSI, Gatot Widakdo. Dimana ia mengatakan PSSI selalu memakai regulasi FIFA dalam setiap pemanggilan pemain ke timnas.

"Soal pemanggilan pemain timnas. sesuai regulasi FIFA. Setiap klub punya kewajiban melepas pemain pada setiap laga FIFA match day, jadi inilah dasar pemanggilan pemain bukan ancaman," kata Gatot dikutip dari laman Goal Indonesia.

"Kedua soal jadwal kompetisi Liga. Ini semua yang membuat operator liga bukan PSSI. Jadi, merekalah yang mestinya menyesuaikan jadwal laga liga dengan FIFA match day," imbuhnya.

Melihat Pasal 36 ayat 2 Statuta FIFA soal regulasi transfer dan status pemain, memang disebutkan klub dan pemain harus menghormati panggilan dari federasi. Asalkan, agenda tersebut masuk dalam kalender resmi FIFA.

Timnas sendiri menggelar laga uji coba melawan Myanmar dan Hong Kong dalam kalender resmi FIFA.

Yang terbaru adalah satu pemain Sriwijaya FC yakni Esteban Viscarra sudah dikembalikan ke klub oleh PSSI. Rencananya Bima Sakti akan mencoba pemain Sriwijaya FC lainnya yakni Marckho Sandy Merauje.

Marckho yang merupakan seorang bek kanan akan dicoba dalam laga melawan Hong Kong pekan depan. Sejauh ini hanya ada nama I Putu Gede Juni Antara dan Alfin Tuasalomny yang bermain di posisi ini.
Terakhir diubah:  14/10/18 - 18:36







Berita Terkait


1582797602207

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?