Lawan Timnas Indonesia U-19 di Gelora Bung Karno, Jepang Merasa Terhormat


  •    Tjatur Wiharyo
  •    26/10/18 - 08:00
  •    17256

Ilustrasi Timnas Indonesia. @Robert /Bolalob

Timnas Jepang U-19 akan menghadapi Indonesia, pada babak perempat final Piala Asia U-19, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018). Pemenang laga ini akan tampil pada Piala Dunia U-20 2019.

Jepang masuk perempat final sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna, sembila poin dari tiga pertandingan, dan rekor memasukkan-kemasukan 13-3 gol. 13 gol Jepang dicetak oleh delapan pemain, yaitu Taisei Miyashiro (3 gol), Koki Saito (3 gol), Taichi Hara (2 gol), Hiroki Abe, Hiroki Ito, Takefusa Kubo, Kyosuke Tagawa, dan Yuta Taki.

Jepang memainkan semua pertandingan grup di Stadion Pakansari Cibinong. Mereka memulai turnamen dengan menundukkan Korea Utara 5-2, kemudian menang 3-1 atas Thailand, dan terakhir menang 5-0 atas Irak.




"Berapa banyak kira-kira penonton yang akan datang ke SUGBK? 30 ribu? Kemarin itu (Indonesia U-19 vs Uni Emirat Arab) yang datang 30 ribuan, saya kira akan lebih banyak pada Minggu (28/10) nanti. Betul begitu kan?" ujar pelatih Jepang, Masanaga Kageyama, usai laga melawan Irak, seperti dilansir CNN Indonesia.

"Kami ingin menikmati atmosfer di sana (SUGBK), karena di sini (Stadion Pakansari) adalah panggung yang bagus dengan sedikit sekali penonton. Kami memang tim tamu, tapi akan menjadi sebuah kehormatan bermain di SUGBK. Sebuah kehormatan bagi siapapun, bagi Indonesia maupun Jepang," sambungnya.

Jepang merupakan juara bertahan Piala Asia U-19. Namun, menurut Kageyama, Indonesia punya potensi dan bekal untuk menciptakan kejutan..

"Pada pertandingan lawan Irak, para pemain kami belajar bagaimana mengambil risiko. Kami belum membahas lebih dalam soal Indonesia. Indonesia sangat sulit dikalahkan. Seperti kalian lihat lawan Qatar dan UEA," aku Kageyama.

"Dan Anda punya keuntungan yaitu bermain di stadion kandang, karena kalian tuan rumah. Lantas apa yang bisa kami lakukan? Fokus mengatur dan memulihkan kondisi fisik sampai pada hari lawan Timnas Indonesia."

"Edisi Piala Asia sebelumnya sudah berlalu, kami adalah kami. Dua tahun lalu tidak berarti apa-apa, kami fokus pada saat ini. Sebelumnya kami menang 4-1 lawan Indonesia. Tapi sekarang sudah berbeda. Pelatih kepala, taktik, pemain, semua berbeda. Kami harus memikirkan itu."

"Kami melawan tim yang berbeda dan ini pertandingan penting bagi kami. Kami tidak tahu apa yang terjadi bila gagal lolos ke Piala Dunia. Ini akan menjadi pertandingan yang sengit, karena Indonesia punya niat kuat untuk laga ini," tutur Kageyama.

Sementara itu, Indonesia masuk perempat final sebagai runner-up Grup A, dengan nilai enam dari tiga pertandingan. Indonesia kalah rekor head to head dari juara grup, Qatar, dan unggul head to head dari Uni Emirat Arab yang ada di posisi ketiga.

Selama fase grup, Indonesia menang 3-1 atas Taiwan, kalah 5-6 dari Qatar, dan menang 1-0 atas Uni Emirat Arab. Sembilan gol Indonesia selama fase grup dicetak oleh lima pemain, yaitu Todd Rivaldo (3 gol), Witan Sulaeman (3 gol), Egy Maulana Vikri, Luthfi Kamal, dan Saddil Ramdani.

Ketika melawan Qatar, Indonesia sempat tertinggal 0-3. Kemudian pada laga melawan UEA, Indonesia bermain dengan sepuluh pemain sejak Nurhidayat Haji Haris pada menit ke-53, tetapi mampu menjaga kedudukan unggul 1-0 bertahan hingga akhir. Gol Indonesia pada laga melawan UEA dicetak oleh Witan pada menit ke-23. halaman 2 dari 2


Galeri Foto Piala Asia U-19 2018: Timnas Indonesia U-19 Berjibaku Kalahkan UEA 1-0








Berita Terkait


1574042401850

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?